Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Rawat AC Mobil Agar Tetap Sejuk

Kompas.com - 14/08/2015, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Pemilik kendaraan roda empat pasti menginginkan penyejuk ruangan atau Air Conditioner (AC) tetap bekerja dengan maksimal. Apalagi saat cuaca di siang hari sedang terik, dan kabin membutuhkan AC agar tetap sejuk.

Hendra Poh, pemilik bengkel spesialis AC mobil GreenOto di jalan Dermaga Raya, Nomor 8, Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur, mencoba memberikan cara sederhana merawat AC mobil tetap dingin.

Pertama menurut Hendra, untuk pengguna mobil keluaran 2012 ke atas, harus sering membersikan saringan AC yang ada di kabin setiap 10.000 km atau enam bulan sekali.  Kedua, setahun sekali wajib melakukan perawatan ringan seperti membersihkan rumah kipas dengan cara mencuci atau menyemprotnya dengan angin.

“Tapi tidak semua mobil bisa dicuci rumah kipasnya, seperti Mazda2 tidak bisa dicuci, jadi harus disemprot angin,” kata Hendra saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

Ketika mencuci mobil minta disiram bagian kondensor yang ada di bagian depan. Tapi jangan dengan air yang memiliki tekanan tinggi, karena bisa merusak hingga ke bagian kelistrikan mobil. Disemprot saja seperti biasa, agar debu yang menempel bisa hilang.

“Kondensor itu posisinya ada di depan, tepat di bagian grill, jadi debu yang masuk ditahan oleh kondensor. Setidaknya kita bersihkan setiap satu atau dua bulan sekali,” katanya lagi.

Jika AC mobil tidak terlalu dingin, jangan mengira freon sudah habis. Menurutnya, tidak ada istilah Freon habis, jika tidak bocor. Kecuali sudah digunakan selama dua atau tiga tahun pasti ada penyusutan, tapi tidak akan banyak.

“Freon tidak akan habis, kecuali kalau memang bocor itu baru habis, kalau tidak bocor Freon tidak akan habis,” tutup Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com