Pasang AC "Double Blower", Siapkan Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 14/08/2015, 07:19 WIB
Pemasangan AC double blower di bengkel spesialis AC Green Oto GreenOtoPemasangan AC double blower di bengkel spesialis AC Green Oto
|
EditorAzwar Ferdian


Jakarta, KompasOtomotif
– Penyejuk ruang kabin atau air conditioner (AC) merupakan piranti wajib tersedia di kendaraan, termasuk mobil multi guna (Multi Purpuse Vehicle/MPV). Jenis MPV dengan ruang kabin yang luas, membutuhkan AC jenis double blower agar kesejukan udara sampai ke kursi baris ketiga. Tapi, masih ada produsen mobil yang menyediakan varian MPV dengan AC single blower.

Bagi yang memiliki MPV seperti Toyota Innova, Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, serta Honda Mobilio dan belum memiliki AC blower ganda jangan khawatir. Kini sudah banyak bengkel spesialis AC yang menerima jasa pasang AC double blower.

Salah satunya bengkel spesialis AC mobil GreenOto yang berada di jalan Dermaga Raya nomor 8, Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur. Hendra Poh, pemilik bengkel mengatakan, untuk pemasangan AC double blower pada MPV, harga dan modelnya tergantung permintaan konsumen.

“Kita ada yang original dan imitasi. Tapi saya lebih banyak pasang yang asli, karena yang imitasi kualitas serta tampilannya kurang bagus,” kata Hendra saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

GreenOto AC doubler blower siap di pasang di mobil

Pria berkulit putih itu menambahkan, pasang AC double blower untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, harganya mulai Rp 3 jutaan hingga Rp 4,2 juta, sedangkan Toyota Innova mencapai Rp 10,5 sampai Rp 11 juta.

“Kita bicara yang asli, untuk Avanza pakai produk asli Rp 4,2 juta dan Innova Rp 11 juta paling mahal. Kita pakai produk Denso, karena Toyota berhubungan dengan Denso. Kalau yang imitasi ada, tapi hanya untuk Avanza, Innova tidak ada, karena harus menggunakan yang bawaan pabrik,” bebernya.

Ketika memasang AC double blower, Hendra menambahkan, tidak ada part yang harus diganti selain menambahkan atau instalasi kabel-kabel. Hanya saja untuk Innova harus mengganti plafon atas dan memasangkan AC double blower, sedangkan Avanza-Xenia tidak, karena tinggal memasang unit double blower.

“Dari segi kualitas tentunya sama seperti AC double blower aslinya, karena kami menggunakan yang asli. Proses pengerjaannya juga hanya kurang lebih sekitar enam jam. Untuk Ertiga dan Mobilio juga sudah ada, tapi kami lebih sering melayani mobil Toyota,” tuntasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X