Kabin Avanza Diklaim Lebih Senyap, Ini Rahasianya! - Kompas.com

Kabin Avanza Diklaim Lebih Senyap, Ini Rahasianya!

Kompas.com - 12/08/2015, 17:24 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Toyta Grand New Avanza, kabin diklaim lebih senyap 19 persen dibandingkan model lama.

Jakarta, KompasOtomotif — Sejumlah perubahan yang disandang Grand New Avanza dan Veloz cukup menaikkan daya saing MPV yang kerap disebut mobil sejuta umat ini di segmennya. Namun, dari semua pengembangan yang diberikan PT Toyota Astra Motor (TAM), yang paling bersentuhan dengan kenyamanan adalah kesenyapan kabin.

Dalam presentasi Kazuhiko Yamashita, Chief Engineer Grand New Avanza dan Veloz, dalam peluncuran yang dilakukan di Ballroom Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (12/8/2015), dipaparkan bahwa suara berisik mesin (engine noise) berkurang 14 persen, sementara booming noise (suara berisik di kabin) berkurang 19 persen.

Apa rahasianya? Yamashita menguak beberapa perubahan mendasar yang mendukung kesenyapan kabin. "Secara keseluruhan, unsur noise, vibration, harshness jauh berkurang. Mesin terbaru berkode NR dengan teknologi Dual VVT-i yang lebih senyap membantu meningkatkan kekedapan kabin," ujar Yamashita.

Getaran mesin (vibration) jauh berkurang sehingga secara otomatis mengurangi suara yang ditimbulkan. Faktor penting kedua adalah perubahan suspensi. Perubahan pada komponen lateral rod dan peredam membuat mobil semakin nyaman, empuk, dan minim getaran.

Ketiga, beberapa bagian pada rangka lantai diperkuat. Ini meningkatkan handling dan stabilitas, sekaligus mengurangi kebisingan. Yang juga tak kalah penting adalah penambahan peredaman pada dasbor dan saluran isap.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X