Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun ini 85 Persen Konsumen Beli Mobil Secara Kredit

Kompas.com - 11/08/2015, 13:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ada petunjuk menarik tentang kondisi penjualan mobil selama tujuh bulan 2015. Menurunnya daya beli yang disebabkan banyak faktor mendorong lebih banyak konsumen membeli mobil dengan cara angsuran alias kredit.

Temuan itu diungkapkan oleh Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) Sudirman Maman Rusdi pekan lalu. Ia mengatakan belum bisa mengungkap jumlah total penjualan mobil selama Januari – Juli sebab data masih dikumpulkan, namun disebutkan porsi pembelian mobil secara kredit meningkat menjadi 83 persen - 85 persen dari tahun lalu sekitar 75 persen.

“Itu tandanya apa, sebenarnya butuh mobil tapi kembali lagi ke daya beli, dan itu juga tenornya diperpanjang. Kalau sebelumnya mereka minta waktu kreditnya tiga tahun sekarang jadi empat tahun,” kata Sudirman ketika dihampiri wartawan.  

Peningkatan pembelian cicilan punya dampak dua sisi, salah satunya Gaikindo ingin industri pembiayaan bergulir dan membantu industri keseluruhan. “Saling membutuhkan dalam satu sisi dan yang lain,” kata Sudirman.

Pada April lalu Gaikindo merevisi target penjualan mobil nasional menjadi 1,050 juta unit setelah melihat hasil lesu pada sebagian semester pertama 2015. Angka itu menurun dari tahun lalu target yang ditetapkan untuk 2015 pada akhir tahun lalu, yaitu 1,1 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com