Kompas.com - 07/08/2015, 09:10 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Di pasar mobil bekas (mobkas) WTC Mangga 2 dan Mega Glodok Kemayoran (MGK), performa mobil Eropa sedang kurang baik. Para penjual mengaku, sejak kondisi ekonomi Indonesia tidak stabil, masyarakat lebih memilih mobkas asal Jepang.

Itulah yang dialami oleh showroom Dream Cars di WTC Mangga 2, Jakarta Utara. Menurut tenaga penjual yang bernama Agus, pihaknya lebih memilih menjual mobkas Jepang, karena yang berasal dari Eropa benar-benar sepi pembeli.

“Dua bulan terakhir penjualan mobil Eropa benar-benar jatuh. Jadi sekarang ini kami menfokuskan untuk menjual mobil Jepang saja,” ungkap Agus saat ditemui KompasOtomotif, Rabu (5/8/2015).

Saat ini, showroom Dream Cars hanya menjual mobil seperti Toyota Alphard, Harrier, Camry, Nissan X-Trail, Serena dan model lainnya. Harganya mulai dari Rp 188 juta hingga Rp 230 jutaan.

“Kalau mobil Eropa harganya lebih mahal lagi. Untuk Maserati, Lamborghini sama sekali tidak ada yang beli. Terakhir saya jual Porsche Panamera 2012, laku sekitar Rp 2,8 miliar. Kalau mobil Jepang masih ada yang beli,” bebernya.

Hal senada juga dilontarkan pemilik showroom mobkas Best Car Mall MGK Kemayoran, Jakarta Pusat , Kusnadi Wirjaatmadja. Menurutnya, turunnya minat masyarakat terhadap mobkas Eropa sudah dirasakan sejak 4 bulan lalu.

“Kalau yang harganya Rp 500 jutaan masih ada yang beli, tapi yang di atas itu sudah benar-benar tidak ada,” kata Kusnadi.

Kusnadi menambahkan, penjualan mobkas Eropa masih bagus tahun lalu ketimbang 2015 ini. Pada 2014 ia masih mampu menjual 10 hingga 12 unit dalam sebulan, tahun ini hanya 6 sampai 7 unit.

“Itupun yang harganya masih murah, tapi yang sudah di atas Rp 500 juta benar-benar menurun drastis,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.