Mesin Mobil Susah Menyala? Periksa 2 Komponen Ini

Kompas.com - 05/08/2015, 08:23 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu situasi yang tidak menyenangkan saat ingin berkendara adalah sulit menghidupkan mesin mobil. Pemilik berulang kali mencoba starter, namun mesin tidak mau menyala. Kemungkinan memang terjadi kerusakan, tapi jangan buru-buru putus asa, cobalah lakukan pemeriksaan sendiri.

Gatot Hirawilasa, mekanik dan juga pemilik bengkel GT 25 Auto Service yang berada di Jalan Kavling 1 Blok D, No.25, Cipayung, Jakarta Timur, mengatakan, biasanya jika mesin mobil tidak menyala, ada dua komponen yang harus diperiksa.

Pertama, lanjut pria yang akrab disapa Om GT ini Anda harus memeriksa kondisi aki. Karena, aki yang sudah lama bisa jadi sistem kelistrikannya sudah kurang bagus. Biasanya terjadi pada usia aki yang mencapai 1 tahun lebih.

“Aki yang umurnya sudah 1 tahunan biasanya tingkat kelistrikannya sudah mulai melemah. Ada baiknya aki selalu rutin diperiksa, apalagi bila kendaraan yang masih menggunakan aki basah,” saran Om GT saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (5/8/2015).

Tapi, kekuatan aki juga dapat dilihat dari pemilik melakukan perawatannya. Jika selalu dirawat, maka aki tersebut bisa ada yang bertahan hingga dua tahun.

Kedua, mesin mobil yang tidak bisa menyala juga bisa disebabkan oleh suplai bahan bakar atau udara yang kurang. Artinya, terjadi masalah pada sistem injektor atau saringan udara.

“Biasanya hanya dua hal itu saja. Apabila kedua komponen itu normal maka mesin mobil bisa dengan mudah menyala,” kata Gatot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.