Kompas.com - 28/07/2015, 15:31 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan pengharagaan khusus bagi AHM karena banyak menyerap angkatan kerja dari Jateng. AHMGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan pengharagaan khusus bagi AHM karena banyak menyerap angkatan kerja dari Jateng.
EditorAgung Kurniawan

Magelang, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas partisipasinya dalam pengembangan dan peningkatan mutu SMK. Selain itu, AHM menjadi salah satu perusahaan yang paling banyak meneyerap tenaga kerja dari wilayah provinsi tersebut.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan penghargaan langsung kepada Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin di sela-sela acara Ekspo Produk dan Job Fair SMK 2015, di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/7/2015). Turut hadir dalam acara ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anis Baswedan.

Ganjar mengatakan, Jateng merupakan salah satu provinsi pemasok tenaga kerja lulusan SMK terbesar di Indonesia. Ke depan, kompetensi perlu terus ditingkatkan agar memiliki daya saing. "Karena itu perlu sinergi yang terus menerus antara ABG, yaitu akademisi, bussinessman, dan goverment," ujar Ganjar.

Muhibbuddin yang juga Kepala Program Pendidikan Satu Hatu AHM ini menyatakan perusahaan memiliki perhatian yang besar dalam mengembangkan implementasi program link and match antara dunia pendidikan dengan dunia usaha dan industri‎. Program ini dikembangkan melalui SMK KTSM Honda yang saat ini jumlahnya mencapai 344, tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

"Di Jawa Tengah hingga saat ini ada 26 SMK binaan Honda.‎ Harapannya setelah lulus mereka bisa jadi mekanik handal di jaringan bengkel resmi AHASS, berwirausaha dengan buka bengkel sendiri atau bekerja di perusahaan kami. Dari sini kami harapkan link and match dunia pendidikan dan industri bisa terimplementasi secara optimal."

AHM Ganjar Pranowo memberikan penghargaan khusus bagi AHM diterima Ahmad Muhibbuddin di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/7/2015).

‎Angkatan Kerja

Dia mengungkapkan Jawa Tengah sendiri merupakan salah satu pemasok utama calon tenaga kerja di fasilitas produksi AHM. Total karyawan yang diterima bekerja di AHM dari wilayah Jawa Tengah sejak tahun 2004 hingga saat ini sekitar 20.000 karyawan.

"Tahun lalu, yang lolos medical check up dari Jateng tercatat 2.346 orang dari total 6.000 karyawan yang diterima bekerja di AHM. Tahun ini, lebih dari 4.000 orang dari provinsi ini akan bekerja di pabrik kami. Mayoritas mereka adalah lulusan Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK binaan kami," ungkapnya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X