BRANDSVIEW

Begini Perawatan Mobil Hadapi Musim Panas

Kompas.com - 23/07/2015, 16:38 WIB
Musim panas segera tiba. Siapkan stamina mobil agar tetap prima. SHUTTERSTOCKMusim panas segera tiba. Siapkan stamina mobil agar tetap prima.
|
EditorAzwar Ferdian
KompasOtomotif – Suhu udara saat ini di siang hari sangat terik, apalagi saat berada di jalan raya. Indonesia, khususnya Jabodetabek sedang mengalami musim kemarau. Tidak hanya kesehatan badan saja yang wajib diperhatikan, kesehatan kendaraan juga harus tetap terjaga agar tidak mengalami kendala saa berkendara.

Lalu, apa saja yang wajib dipersiapkan agar mobil berfungsi maksimal menemani perjalanan panas Anda?

SHUTTERSTOCK Ganti coolant tiap tahun agar volumenya terjaga.
Pastikan mesin tetap segar

Mobil mencapai performa terbaik pada temperatur tertentu atau tertinggi. Jika mesin terlalu panas, pembakaran tidak efisien. Ditambah cuaca juga panas, kemungkinan mogok karena mesin overheat bisa saja terjadi.

Menghindari hal itu, mesin pendingin tak boleh sakit. Pertama periksa kondisi radiator. Bila diperlukan, kuras air radiator dan bersihkan dari material residu.

Periksa cairan pendingin (coolant) dan jaga volumenya. Cek juga aliran pendingin. Khawatir ada kebocoran. Selain coolant, pastikan juga ketinggian pelumas dan air radiator sesuai anjuran.

SHUTTERSTOCK Saat membersihkan filter udara, jangan lupa gunakan sarung tangan.
Hindari debu dan kotoran

Kerja mesin akan terganggu jika ada kotoran dan debu masuk. Terutama jika Anda mengendarai mobil bersistem injeksi. Angin kemarau bisa menerbangkan banyak debu dan berbahaya bagi mesin.

Karenanya, menjaga filter udara tetap bersih sangat penting. Filter udara berbahan karton atau kertas bisa bersih dengan penyemprotan kompresor. Lakukanlah setiap 1.000 kilometer dan ganti filter tiap 5.000 kilometer. Jika filter berbahan busa, Anda dapat menggantinya tiap 15.000 kilometer.

Hati-hati aki

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X