Kompas.com - 07/07/2015, 20:19 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Mulai dioperasikannya ruas Tol Cikopo-Palimanan berimbas pada pindahnya titik macet. Jika sebelumnya, simpang Jomin dan sepanjang Cikampek hingga Indramayu menjadi biang kerok kemacetan, kini intensitas kepadatannya terbagi menjadi dua, selain Cikampek salah satunya diprediksi di Pejagan.

Hal tersebut berdasarkan analisa polisi, bahwa beban Pantura yang mulai terbagi dengan adanya tol Cipali tetap akan menumpuk di Pejagan, Brebes. Kombes Pol Istiono, Kabag Ops Korlantas Polri, mengatakan bahwa titik baru ini coba diantisipasi dengan beberapa skenario.

”Skenario pertama, yang akan kita laksanakan, truk dan bus jurusan Semarang keluar Kanci. Sedangkan truk dan bus jurusan Purwokerto, keluar Pejagan belok kanan (Ketanggungan-Slawi atau Ketanggungan-Pripuk),” kata Istiono.

Sementara skenario lainnya, kendaraaan kecil seperti mobil bisa melalui Pejagan ke Brebes Timur melalui jalan baru agregat B sepanjang 20 km. ”Jalan baru ini memang belum diaspal, akan banyak debu, tapi lumayan akan mengurangi beban Pantura. Kecepatan paling 30 kpj,” kata Istiono.

Berikut rute alternatif yang diarahkan polisi di sekitar Pejagan, Brebes, saat musim mudik Lebaran 2015:

1. Exit tol Pejagan-Simpang Pejagan-Brebes. Pada trase ini lalu lintas terhambat persimpangan KA double track di Simpang Pejagan.

2. Tol Pejagan-Pemalang, memfungsikan jalan agregat B sepanjang 20 km.

3. Tol Pejagan-Ketanggungan-Jatibarang-Slawi (jalan Provinsi)

4. Tol Pejagan-Ketanggungan-Prupuk-Slawi-Tegal (Jalan Nasional).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.