Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skenario Polisi Cegah Kecelakaan di Tol Cipali

Kompas.com - 07/07/2015, 20:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jumlah kecelakaan yang cukup tinggi di ruas tol baru Cikopo-Palimanan hanya dalam hitungan hari membuat polisi harus punya strategi jitu untuk menekannya. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menyiapkan skenario khusus agar jumlah kecelakaan pada musim mudik Lebaran 2015 berkurang, khususnya di ruas tol terpanjang di Indonesia itu.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Istiono mengatakan bahwa ada langkah antisipasi yang dirancang khusus untuk ruas tol Cipali. ”Kami punya konsep yang akan diterapkan pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Langkah ini baru, dan akan terus dievaluasi ke depan,” kata Istiono di kantor Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Di ruas tol Cipali, per 10 km akan disiagakan satu mobil patroli kepolisian. Jika total panjang ruas tol mencapai 116 km, artinya, 11 atau 12 mobil patroli akan siaga di titik yang sudah disiapkan khusus. Selain itu, akan ada mobil patroli yang selalu berkeliling. Tujuannya, memelihara kecepatan para pemudik.

”Penjagaan jalur A (Jakarta-Cirebon) akan lebih besar persentasenya dibandingkan jalur B (Cirebon-Jakarta). Nanti waktu arus balik, skenarionya diubah menjadi jalur B yang lebih besar (penjagaannya),” ujar Istiono.

Diharapkan adanya mobil polisi yang siaga membuat pengguna jalan tetap tertib. Sementara mobil patroli akan mengiramakan kecepatan kendaraan yang melaju agar tidak melampaui batas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com