Kompas.com - 07/07/2015, 20:01 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Jumlah kecelakaan yang cukup tinggi di ruas tol baru Cikopo-Palimanan hanya dalam hitungan hari membuat polisi harus punya strategi jitu untuk menekannya. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menyiapkan skenario khusus agar jumlah kecelakaan pada musim mudik Lebaran 2015 berkurang, khususnya di ruas tol terpanjang di Indonesia itu.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Istiono mengatakan bahwa ada langkah antisipasi yang dirancang khusus untuk ruas tol Cipali. ”Kami punya konsep yang akan diterapkan pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Langkah ini baru, dan akan terus dievaluasi ke depan,” kata Istiono di kantor Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Di ruas tol Cipali, per 10 km akan disiagakan satu mobil patroli kepolisian. Jika total panjang ruas tol mencapai 116 km, artinya, 11 atau 12 mobil patroli akan siaga di titik yang sudah disiapkan khusus. Selain itu, akan ada mobil patroli yang selalu berkeliling. Tujuannya, memelihara kecepatan para pemudik.

”Penjagaan jalur A (Jakarta-Cirebon) akan lebih besar persentasenya dibandingkan jalur B (Cirebon-Jakarta). Nanti waktu arus balik, skenarionya diubah menjadi jalur B yang lebih besar (penjagaannya),” ujar Istiono.

Diharapkan adanya mobil polisi yang siaga membuat pengguna jalan tetap tertib. Sementara mobil patroli akan mengiramakan kecepatan kendaraan yang melaju agar tidak melampaui batas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.