Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Aman Jalur Mudik Sepeda Motor Hindari Jomin

Kompas.com - 07/07/2015, 15:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski mudik menggunakan sepeda motor tetap bukan menjadi pilihan dan tidak disarankan, namun sebagai antisipasi, Korlantas Polri memberikan alternatif jalur yang bisa dimanfaatkan pemudik sepeda motor Lebaran 2015.

Ada beberapa jalur yang bisa dijadikan alternatif pemudik sepeda motor agar terbebas dari macet kawasan Karawang dan Cikampek, khususnya Simpang Jomin dan seterusnya.

Meski diprediksi tingkat kemacetan akan berkurang karena banyaknya kendaraan roda empat atau lebih memilih Tol Cipali, namun tetap jalur yang sempit berpotensi menyebabkan kemacetan.

Rute yang disiapkan Korlantas Polri dimulai dari Karawang, Jawa Barat, atau sekitar by pass Karawang. Sepeda motor bisa mengambil arah jalan alternatif menuju Desa Krasak, Jatibarang, Indramayu. Rute ini melambung dan tidak melewati Simpang Jomin, keluar di Pantura daerah Cikalang.

Jika ingin terus berada di jalur alternatif, dari Krasak bisa melambung lagi di Blanakan, Subang, yang akan tembus di Pantura kawasan Ciasem. Dari data Korlantas Polri, jalur ini kondisinya relatif baik dan layak dilewati sebagai jalur alternatif.

Kecelakaan

Sepeda motor masih berkontribusi besar terhadap kecelakaan selama berlangsungnya Operasi Ketupat 2014. Dari data yang diperoleh KompasOtomotif, jumlah kecelakaan sepeda motor pada musim mudik Lebaran tahun lalu mencapai 3.869 kasus dari 5.469 kecelakaan.

Artinya, sepeda motor menyumbang 70 persen kecelakaan selama musim mudik Lebaran tahun lalu. Angka itu sebenarnya turun dari jumlah kejadian pada 2013, diharapkan imbauan untuk mudik tak menggunakan sepeda motor yang semakin gencar ikut kembali menurunkan jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com