Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan Ini Sebelum Beli SUV Baru

Kompas.com - 03/07/2015, 07:18 WIB

Jakarta, KompasOtomotif- Segmentasi kendaraan jenis SUV saat ini mulai merebak di Tanah Air. Terbukti beberapa produsen berupaya mencicipi “kue” di pasar tersebut. Kondisi jalan di perkotaan yang kerap mengalami kerusakan dan musibah banjir yang sering menghantui saat musim hujan, juga jadi alasan beberapa konsumen mulai melirik SUV.

Ragam pilihan yang ada di pasar terkadang membuat kita bingung untuk memilih. Namun ada baiknya pilihan nantinya didasari oleh kebutuhan dan tentunya sesuai dengan dana yang Anda miliki. Setelah itu barulah perihal selera untuk menentukan desain dan segala kelengkapan pendukungnya yang berkaitan dengan gaya hidup.

Ada satu hal lagi yang sering luput dari pertimbangan yaitu biaya kepemilikan (cost of ownership) yang meliputi biaya perawatan, pajak tahunan dan juga penggunaan bahan bakar. Hal tersebut patut untuk diketahui agar konsumen mampu menakar biaya yang dikeluarkan per tahun dan per bulan.

Sebagai contoh kami berikan estimasi dari salah satu low SUV yang populer di Tanah Air yakni Daihatsu Terios. Selain memiliki fungsi dan karakter SUV yang kuat, Terios punya kapasitas angkut penumpang yang lebih banyak, 7 penumpang.

Berikut perhitungan biaya kepemilikan Terios hingga 100.000 km atau 3 tahun.

Servis Berkala 100.000 km Rp11.271.342
Pajak tahunan s.d 3 thn** Rp7.200.000
Konsumsi BBM Rp78.333.333
Total Pengeluaran Rp18.471.342
Pengeluaran per tahun Rp6.157.114
Pengeluaran per bulan Rp513.093
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com