Bongkar Rahasia Byson Injeksi Lebih Kencang dan Lincah

Kompas.com - 19/06/2015, 12:30 WIB
Yamaha Byson injeksi semakin kencang dan lincah berkat pengurangan bobot dan perubahan mesin. KompasOtomotif-donny aprilianandaYamaha Byson injeksi semakin kencang dan lincah berkat pengurangan bobot dan perubahan mesin.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Mengusung teknologi, desain, dan tampang baru, Yamaha Byson bertransformasi menjadi banteng yang lebih ringan dan lincah. Alhasil, lajunya diklaim semakin kencang, irit bahan bakar, juga semakin nyaman dikendarai.

Dalam peluncuran All-New Yamaha Byson di Ancol, Kamis (19/6/2015), Yamaha mengklaim beberapa hal. Laju dari 0-400 meter lebih cepat 1 detik. Byson juga diet, sehingga bobotnya lebih ringan 3 kg. Rangka juga lebih kuat 12 persen, konsumsi BBM semakin irit 10-14 persen.

KompasOtomotif-donny apriliananda Yamaha all-new Byson FI.

Apa sebab? Berikut rinciannya, dirangkum dalam perubahan teknis yang membuat sepeda motor memenuhi semua klaim di atas:

1. Mesin lebih kecil, 149 cc. Model lama 153 cc. Kata M Abidin, GM Technical Service and Motorsport Yamaha Indonesia, mesin ini beda dengan yang dipakai di India.
”Di India kodenya 2G, di kita 2UP. Sangat berbeda, bahkan ada 91 item yang berbeda untuk menentukan konsumsi bahan bakar dan tarikan,” kata Abidin.

2. Tenaga dan torsi turun sedikit, namun karena bobot lebih ringan, akselerasi justru semakin cepat. Pengurangan bobot 3 kg berasal dari pengurangan komponen AC Magneto, tidak adanya karburator (bisa hampir 1 kg sendiri), desain rangka dan setang baru.

3. Kombinasi mesin dan bobot yang pas menghasilkan power to weight ratio yang lebih baik.

4. Kelincahan berkat rangka yang lebih ringkas dipadu dengan jarak sumbu roda yang dipangkas 4 mm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Kestabilan didapat karena ukuran ban belakang lebih lebar. Depan 100/80 dan belakang 130/70.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.