Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggih, Utak-atik Zero Cuma Pakai Sentuhan Jari

Kompas.com - 19/06/2015, 11:13 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kemajuan teknologi sepeda motor listrik Zero bukan cuma di sektor propulsi tapi juga meliputi ke cara pemakaian. Jika biasanya biker hanya bisa lihat memantau kondisi sepeda motor via indikator di dasbor depan, Zero dibekali aplikasi khusus ponsel, “Zero Motorcycle”, sebagai alat diagnosa dan pengaturan.

Aplikasi itu bisa diunduh dari Play Store untuk ponsel berbasis Android dan Apple Store buat iOS. Ada banyak menu di dalamnya, misalnya Trip Performance untuk membaca penggunaan baterai dalam satuan Kw per jam atau Watt per Km dan menakar berapa banyak uang yang dihemat dibanding menggunakan bensin.

Febri Ardani/KompasOtomotif Perawatan sepeda motor listrik, Zero Motorcycle

Biker juga bisa mengganti tampilan dasbor depan via aplikasi ini lewat menu Riding Screen. Ada banyak pilihan jadi indikator digital itu bisa diubah, misalnya odometer ingin diletakan di pojok kanan atas, kecepatan di pojok kiri bawah, atau kondisi baterai di tengah.

Selain itu, aplikasi juga punya menu Drive Setup. Dari situ biker bisa mengatur seberapa besar kecepatan tertinggi, torsi terbesar, dan kekuatan sistem menyimpan energi kembali dari hasil pengereman. Pilihan itu berguna untuk menjaga kerja sistem listrik tetap ekonomis.

Bluetooth

Aplikasi akan terintegrasi dengan unit sepeda motor via bluetooth. Asyari Achmads Technical Supervisior Garansindo Technologies, saat pembukaan diler pertama Zero Motorcycles, Jumat (12/6/2015), mengatakan bahwa bluetooth akan menyala setiap kontak sepeda motor on, setelah kode VIN terdeteksi pada aplikasi maka koneksi bisa dilakukan.

Perlu diketahui juga koneksi itu bisa dilakukan di ponsel manapun asal memiliki aplikasi, jadi ada kemungkinan orang lain bisa mengubah setingan. Kondisi yang perlu diperhatikan jarak perimeter bluetooth tidak lebih dari satu meter.

Menurut Asyari di menu Drive Setup tenaga dan torsi yang dikurangi tidak sampai 70 persen, jadi bila orang lain iseng tidak sampai membuat tenaga unit sampai turun signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com