Canggihnya Teknologi di Kabin New Toyota Camry

Kompas.com - 05/06/2015, 13:08 WIB
Dock wireless charging New Toyota Camry StanlyDock wireless charging New Toyota Camry
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Sedan mewah Toyota yang diluncurkan pada awal April 2015 lalu tak hanya datang dengan tampang yang fresh, tapi juga membawa beberapa fitur canggih. Fitur ini mampu menunjang kebutuhan pengendara dan penumpang.

Dari beberapa fitur, salah satu yang menarik adalah teknologi wireless cahrging untuk ponsel pintar. Sistem ini pun termasuk salah satu teknologi terbaru yang sedang ramai di dunia otomotif roda empat.

Toyota memboyong fitur ini tak hanya pada New Camry, tapi juga di Alphard 2.5G dan Vellfire. Sesuai dengan namanya, wireless cahrging, pengisian baterai ponsel pintar pun dilakukan tanpa menggunakan kabel apapun.

Hanya saja fitur ini tak bisa diakses di semua telepon seluler. Untuk menggunakanya, ponsel pintar harus memiliki teknolgi Qi System yang berupa perangkat hardware bawaan dari ponsel itu sendiri. Perangkat Qi ini tidak bisa diunduh layaknya aplikasi.

Sedangkan bagi yang telah dilengkapi Qi System bisa dengan mudah menggunakannya. Tak perlu mengutak-atik tombol, hanya cukup meletak ponsel di dock dalam keadaan mobil menyala, maka secara otomatis fitur ini akan melakukan tugasnya mengisi baterai.

Stanly Sarung Qi System untuk wireless charging
Bagi pemilik ponsel yang belum dilengkapi dengan Qi System. Bisa diakali dengan menggunakan extension berupa adapter atau jaket yang dapat dibeli di toko-toko gadget, konsumen sudah bisa menggunakan perangkat wireless charging ini.

Cara Kerja Qi System

Qi System memiliki makna sebagai aliran energi yang diambil dari bahasa China. Isitilah ini pun digunakan pada teknologi nirkabel untuk pengisian daya ponsel dan perangkat lainnya seperti MP3 atau iPod.

Stanly Dock wireless cahrging New Toyota Camry
Cara kerja sistem ini memang tanpa menggunakan kabel, dock tempat dimana meletakan ponsel atau gadget lainnya menjadi penghantar daya yang dialiri energi masuk melalui induksi magnetik, karena itu saat mau mengisi daya mobil wajib dalam keadan hidup.

Arus yang keluar tersalurkan melalui kawat dalam charger nirkabel dan membentuk kumparan yang menjadi medan magnet. Dari sini aliran listrik dihubungkan pada dock untuk mengisi ponsel sampai akhirnya berhenti secara otomatis ketika sudah penuh.

Baca tentang


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X