Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Deretan Fitur Unik Daihatsu Copen

Kompas.com - 29/05/2015, 09:37 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Ubud, KompasOtomotif - Daihatsu Copen menjadi produk terbaru yang ditawarkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk konsumen menengah ke atas di Indonesia. Mengusung konsep sedan sport kupe, Copen menawarkan deretan fitur menarik yang unik.

Di balik desain sporty mungil serta warna bodi yang mencolok, ada banyak hal seru yang tertanam pada Copen. Pertama, tentu saja fitur bongkar pasang bodi yang sudah diperkenalkan ADM sejak IIMS, tahun lalu.

Konsumen bisa mencopot dan mengganti bodi dengan cara yang mudah. Hanya saja, ada regulasi di Indonesia yang mengatur soal warna kendaraan dan tertera di dalam STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

"Fitur utama Copen adalah bodi yang bisa diganti dengan mudah, dan warnanya bisa disesuaikan dengan selera pemilik. Sayang di Indonesia fitur ganti bodi agak sulit dipakai. Pasalnya warna kendaraan tertera di STNK dan tidak bisa sembarangan di ganti," jelas Ahmad Syaufi, Head Technical Service Division PT ADM saat media test drive Copen di Bali, Kamis (29/5/2015).

Copen menggunakan rangka D-Frame dengan desain yang tidak membutuhkan lapisan bodi berat seperti plat besi maupun alumunium. Dengan D-Frame, bodi Copen bisa langsung dipasang plastik resin yang ringan dan fleksibel serta bisa dibongkar pasang.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Daihatsu Copen
Gaya makin trendy dengan kemampuan atap yang bisa dibuka secara elektrik. Cukup melepaskan kait pengunci di sisi atas pilar A, lalu tekan tombol di konsol tengah dan biarkan atap membuka sendiri secara otomatis selama 10 detik. Tombol power window juga berada di konsol tengah, sedangkan monitor infotainment berada di atas dasbor guna mendapat kesan kokpit futuristik.

Juga ada mikrofon kecil di depan meter cluster. Ini berfungsi untuk melakukan atau menerima telepon yang terintegrasi dengan sistem infotainment pada mobil. Hubungkan ponsel pintar dengan sistem infotaintment di konsol tengah, maka pengemudi atau penumpang bisa menelpon tanpa harus memegang ponsel.

Fitur-fitur canggih layaknya mobil mewah juga tersemat di Copen, antara lain key free system, start/stop engine dan Immobilizer. Tilt steering untuk mengatur ketinggian kemudi sesuai dengan kebutuhan pengendara. Kontrol audio di lingkar kemudi palang tiga, speaker 16 inci dan jok yang dilengkapi dengan penghangat.

Juga ada ECO Idle berguna mematikan mesin saat berhenti cukup lama. Mesin akan menyala kembali begitu pedal rem diangkat. Jangan lupa, Copen mengunakan knalpot ganda yang berfungsi aktif atau bukan hanya pajangan semata.

Tidak ada logo Daihatsu pada ujung kap mesin sedan sport kupe convertible ini. Sebagai gantinya ada logo 'Copen' yang unik dan cukup membuat banyak orang tidak sadar bahwa ini adalah produk keluaran Daihatsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com