Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Perdana Lamborghini Akhirnya Terwujud

Kompas.com - 06/05/2015, 08:44 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Roma, KompasOtomotif - Rencana Automobili Lamborghini SpA memiliki model SUV akhirnya bisa terwujud juga. Meskipun, konsep Urus sudah dipamerkan Lamborghini di Beijing, April 2012 dan kabarnya mau diluncurkan 2017, sampai saat ini belum ada perkembangan signifikan terkait proyek tersebut.

Akhirnya, kali ini ada titik terang didorong oleh Pemerintah Italia. Lewat kepemimpinan Perdana Menteri Matteo Renzi, ada insentif menarik bagi Lamborghini untuk mendirikan pabrik baru di Italia.

Dilansir Bloomberg (5/5/2015), Potongan pajak bernilai hingga 100 juta euro atau Rp 1,45 triliun asalkan mau membangun pabrik baru dan mempekerjakan setidaknya 300 orang. Upaya ini dilakukan pemerintah untuk mendorong terciptanya lapangan kerja baru di Negeri Pisa ini.

Penyampaian insentif ini dilakukan langsung oleh perwakilan pemerintah kepada Lamborghini di Roma, Selasa (5/5/2015). Kedua pihak kabarnya segera melakukan pertemuan lanjutan untuk mencapai kata sepakat.

Konsep Urus, merupakan kartu truf Lamborghini untuk tetap bisa bersaing dengan produsen mobil premium lain yang juga berencana melepas model SUV. Tren pasar SUV yang terus menguat di Eropa dan hampir di seluruh dunia, membuat Lamborghini tak mau kehilangan kesempatan mendulang penjualan.

Merek yang berkantor pusat di Sant’Agata, Bolognese ini kabarnya akan mendapat persetujuan dari prinsipal Grup Volkswagen akhir Juni 2015. Tapi, kapan dan peluncuran model masih belum bisa diprediksi.

Guna memangkas ongkos produksi, Lamborghini berencana memasok kebutuhan komponen utama mereka di pabrik VW lain, seperti di Bratislava, Slovakia di mana Porsche merakit Cayenne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com