Ekspor Vios Toyota Indonesia Naik Tiga Kali Lipat

Kompas.com - 29/04/2015, 17:07 WIB
Ekspor Toyota terus digenjot dari Indonesia. Agung KurniawanEkspor Toyota terus digenjot dari Indonesia.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil mendongkrak produksi di saat pasar domestik lagi lesu periode kuartal pertama 2015. Porsi ekspor yang membesar membuat Toyota perlu tetap memenuhi permintaan.

Ekspor kendaraan dalam keadaan utuh (CBU) sepanjang Januari-Maret 2015 tercatat 44.000 unit, naik 30,3 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya, 33.800 unit. Vios menjadi bintang utama ekspor karena melesat tiga kali lipat (200 persen) menjadi 10.200 unit dari hanya 3.300 unit.

"Kami bersyukur atas pencapaian ini dan berharap target pertumbuhan ekspor 10 persen sampai akhir tahun bisa terpenuhi," jelas I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Toyota Fortuner masih menjadi kontributor ekspor terbesar Toyota Indonesia, mencakup 31, 11 persen atau 13.763 unit. Jumlah ini, mengalami kenaikan 14,7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Vios atau Yaris Sedan berhasil naik ke peringkat dua kontributor ekspor terbesar dengan 23,16 persen dengan 10.247 unit.

Kijang Innova bergeser ke posisi tiga dengan kontribusi 8,91 persen atau 3.934 unit, naik 2,6 persen. Sedangkan sisanya, 16.124 unit merupakan sumbangan dari ekspor beberapa model, yakni Avanza, Rush, Town Ace/Lite, Agya dan Yaris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.