Mengajak si Kecil Bermain dengan Sahabat Petualang

Kompas.com - 22/04/2015, 09:59 WIB
Suasana pesisir pantai Tanjung Bira terasa hangat di malam hari. ADMSuasana pesisir pantai Tanjung Bira terasa hangat di malam hari.
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Akhir pekan adalah waktu yang paling seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Nah, untuk menambah keseruan tersebut, mengapa tidak mencoba mengajak si kecil berpetualang di alam bebas.

Berpetualang di alam bebas bersama keluarga di akhir pekan mungkin bisa menjadi rencana terbaik untuk liburan sekolah tahun ini. Karena, melakukan kegiatan petualangan di alam bebas dapat menstimulasi dan mengasah beberapa kecerdasan si kecil. Antara lain, kecerdasan kinestetik, kecerdasan naturalis, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal.

Alam bebas seperti pegunungan misalnya akan membuat si kecil dapat melakukan banyak gerakan, seperti merangkak, berjalan, melompat, menunduk, berlari, berenang dan banyak lagi. Selain itu, bermain di alam bebas juga akan menambah pengetahuan si kecil soal tanaman, hewan dan apa saja yang ada di alam bebas.

Bermain di alam bebas pun akan melatih si kecil lebih mandiri dan memahami diri sendiri dengan mengukur kemampuannya hingga dia dapat melakukan hal terbaik yang dapat dilakukan. Terlebih lagi, bermain di alam bebas akan membuat si kecil lebih peka terhadap orang lain, sehingga dirinya mampu memberikan respon secara efektif saat berkomunikasi.

Persiapan harus matang

Membawa si kecil berpetualang di alam bebas sangat butuh persiapan matang, misalnya saja mengajak si kecil menikmati sejuknya alam pegunungan. Persiapan yang dilakukan untuk menginap beberapa hari misalnya, baju, perlengkapan mandi, baju hangat, obat-obatan, makanan kesukaan si kecil, hingga mainannya. Jangan lupa juga untuk membawa dan memberikan peluit sekaligus mengajarkan si kecil untuk menggunakannya pada saat dalam keadaan darurat.

Berikutnya, persiapan pada saat rumah ditinggal, pastikan semua hal berbahaya seperti gas, kompor atau listrik sudah aman pada saat ditinggalkan. Jika perlu, minta pertolongan tetangga atau anggota keluarga lainnya untuk menjaga rumah sementara waktu hingga Anda kembali dari liburan.

ADM Banyak perubahan pada interior, termasuk setir yang semakin modern.
Sahabat Petualang

Terakhir, persiapan pada saat perjalanan, contohnya adalah dengan mempersiapkan mobil yang benar-benar fit. Lebih beruntung lagi jika mobil keluarga yang Anda gunakan saat ini adalah mobil yang memang merupakan "Sahabat Petualang." Jadi, soal gesitnya menaklukan medan menanjak dan sedikit rusak tidak jadi masalah.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan hiburan bagi si kecil di dalam mobil. Persiapkan CD, DVD, Flashdisk atau jika tidak mau repot, siapkan ponsel yang berisi video dan lagu si kecil di ponsel.

Mengapa? Karena hanya dengan fitur Bluetooth, beberapa mobil sudah dapat memutar hiburan bahkan dengan dengan kualitas HDMI (untuk video) melalui ponsel ke LCD di kabin mobil.

New Terios memiliki kapabilitas untuk menjadi sahabat petualang. Ground clearance yang tinggi, kapasitas mesin mumpuni, dan kabin yang lapang untuk membawa banyak barang adalah salah satu kelebihan New Terios. (Mulky Hidjrah)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X