Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar Land Rover Pasrah Evoque Dijiplak China

Kompas.com - 21/04/2015, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Jaguar Land Rover (JRL) terpaksa menerima kenyataan pahit, sebab tak ada satu pun peraturan yang menghalangi merek China Landwind Motors menjiplak dan menjual tiruan Range Rover Evoque, X7.

Sikap protes keras telah diajukan JLR sejak tahun lalu. Namun akhirnya Landwind X7 bisa dipamerkan di Shanghai Auto Show 2015 tanpa kendala apapun.

Pada November 2014 JRL mengaku serius mencari cara legal hukum dan berembuk bersama mitra lokal China, Chery Automobile, untuk menghalangi pengenalan publik Landwind X7. Namun di Shanghai Auto Show Senin, (21/4/2015), Chief Executive JRL Ralf Speth mengatakan tak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah penjualan Evoque versi “KW” itu.

Indianautosblog Dari belakang, benar-benar seperti pinang dibelah dua antara Landwind X7 dan Range Rover Evoque.


“Saya sangat menyesal sangat tiba-tiba, copy dan paste datang lagi. Tidak ada hukum, tidak ada yang bisa melindungi kami, jadi kita hanya bisa menerima apa adanya,” ujar Speth seperti dilansir Automotive News.

JRL merasa dirugikan sebab kasatmata Landwind X7 sangat mirip dengan Range Rover Evoque yang akan diproduksi di Changshu, China pada Oktober mendatang. Lebih parah lagi, harga jual X7 diprediksi sekitar 150.000 yuan (Rp 312,5 juta) atau hampir tiga kali lebih murah dari Evoque.

Landwind merupakan merek khusus SUV milik Jiangling Motor Holding, perusahaan induk dari Jiangling Motor Co. yang saham kepemilikannya dimiliki oleh Ford. Landwind X7 menggunakan mesin 2.0L turbocharged dari Mitsubishi dan memiliki transmisi otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com