Kompas.com - 21/04/2015, 08:20 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Shanghai, KompasOtomotif – Jaguar Land Rover (JRL) terpaksa menerima kenyataan pahit, sebab tak ada satu pun peraturan yang menghalangi merek China Landwind Motors menjiplak dan menjual tiruan Range Rover Evoque, X7.

Sikap protes keras telah diajukan JLR sejak tahun lalu. Namun akhirnya Landwind X7 bisa dipamerkan di Shanghai Auto Show 2015 tanpa kendala apapun.

Pada November 2014 JRL mengaku serius mencari cara legal hukum dan berembuk bersama mitra lokal China, Chery Automobile, untuk menghalangi pengenalan publik Landwind X7. Namun di Shanghai Auto Show Senin, (21/4/2015), Chief Executive JRL Ralf Speth mengatakan tak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah penjualan Evoque versi “KW” itu.

Indianautosblog Dari belakang, benar-benar seperti pinang dibelah dua antara Landwind X7 dan Range Rover Evoque.


“Saya sangat menyesal sangat tiba-tiba, copy dan paste datang lagi. Tidak ada hukum, tidak ada yang bisa melindungi kami, jadi kita hanya bisa menerima apa adanya,” ujar Speth seperti dilansir Automotive News.

JRL merasa dirugikan sebab kasatmata Landwind X7 sangat mirip dengan Range Rover Evoque yang akan diproduksi di Changshu, China pada Oktober mendatang. Lebih parah lagi, harga jual X7 diprediksi sekitar 150.000 yuan (Rp 312,5 juta) atau hampir tiga kali lebih murah dari Evoque.

Landwind merupakan merek khusus SUV milik Jiangling Motor Holding, perusahaan induk dari Jiangling Motor Co. yang saham kepemilikannya dimiliki oleh Ford. Landwind X7 menggunakan mesin 2.0L turbocharged dari Mitsubishi dan memiliki transmisi otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.