Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ekspedisi Alam Liar

All-New Navara Dilengkapi Kompas Digital

Kompas.com - 04/04/2015, 10:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Dompu, KompasOtomotif – Kekuatan sejati All-New NP 300 Navara yaitu sebagai teman beraktifitas jarak jauh. Nissan sangat memahami hal itu, maka salah satu sentuhan untuk generasi terbaru Navara kini terdapat fitur kompas digital sebagai petunjuk navigasi yang terletak di spion kabin.

Dari pandangan pengemudi, penunjuk arah mata angin terpampang di pojok kanan spion. Fungsinya sama seperti kompas mekanis yang bekerja mengandalkan medan magnet bumi. Cara mengaktifkannya dengan menekan tombol on/off berawarna merah di tengah spion.

Budi Nur Mukmin Nissan All-New Navara menanjaki Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Bila terbaca “N (north)” berarti bodi mobil sedang mengarah ke utara, begitu pula dengan NE (north east/timur laut), E (east/timur), SE (south east/tenggara), S (south/selatan), SW (south west/barat daya), W (west/barat), dan NW (north west/barat laut).

All-New Navara dipasarkan ke-40 negara hasil produksi dari Thailand, masalahnya kemampuan kompas membaca arah tergantung lokasi negara dan sangat dipengaruhi medan magnet dari kutub utara dan selatan. Agar lebih akurat, setingan perlu dikalibrasi.

Caranya, menekan tombol on/off selama sembilan detik lalu kemudikan, hingga melakukan putaran dengan kecepatan di bawah 8 kpj. Kalibrasi akan selesai setelah tiga putaran penuh.

Anti-silau

Kecanggihan spion Navara bukan hanya karena memilki kompas, pengawas kondisi belakang ini juga dilengkapi sistem anti-glare alias anti-silau. Sistem akan menyala bersamaan saat tombol on/off ada di posisi on. Bila aktif indikator berwarna hijau di sebelah kiri tombol on/off akan menyala.

Fungsi utamanya membantu di malam hari untuk mengurangi pantulan sinar dari lampu kendaraan di belakang. Gejala silau bisa dikurangi, tentu ini membantu pengemudi mendapatkan visibiltas terbaik saat perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com