Harga Mobil Murah Toyota Naik Lagi?

Kompas.com - 02/04/2015, 07:54 WIB
Toyota menawarkan pilihan warna baru Agya, merah, untuk semua varian. TAMToyota menawarkan pilihan warna baru Agya, merah, untuk semua varian.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif — Impitan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) semakin menyulitkan pebisnis otomotif nasional, tak terkecuali PT Toyota Astra Motor (TAM). Dalam waktu dekat, merek terlaris di Indonesia ini kembali berencana mengerek banderol mobil murah (LCGC) Agya.

Rencana ini sebenarnya sudah diinformasikan oleh Toyota, Desember 2014 lalu. Mereka saat itu menyatakan, kenaikan lanjutan dari banderol mobil murah sulit dihindari.

Kenaikan ini sendiri diambil mengacu pada izin yang diberikan Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, untuk menaikkan harga mobil murahnya maksimal 6,6 persen karena faktor inflasi sejak kali pertama diluncurkan.

Toyota Indonesia pun baru memanfaatkan tiga persen kenaikan dari pagu yang diperbolehkan pemerintah, pada Oktober 2014 lalu. Artinya, masih ada sisa 3,6 persen lagi kenaikan yang bisa dimanfaatkan Toyota.

Menurut sumber jaringan pemasaran Toyota, kenaikan sudah diputuskan sebesar Rp 2 juta untuk semua varian yang dipasarkan, yakni tipe E, G, dan S TRD. Sumber tersebut pun mengatakan, kenaikan harga juga diikuti dengan beberapa perbaikan dan penambahan kelengkapan baru, tanpa mau menyebutkan apa perubahannya.

Ketika KompasOtomotif melakukan konfirmasi, Wakil Presiden Direktur Eksekutif TAM Suparno Djasmin mengelak soal adanya kenaikan. "Saya belum tahu soal itu," ujarnya singkat.

Berikut estimasi kenaikan banderol Agya jika benar sudah diputuskan bahwa kenaikan Rp 2 juta untuk tiap-tiap varian:

Agya E M/T Rp 107.676 juta (lama) - Rp 109, 676 juta (baru)
Agya E A/T Rp 119,408 juta (lama) - Rp 121,408 juta (baru)
Agya G M/T Rp 115,675 juta (lama) - Rp 117,675 juta (baru)
Agya G A/T Rp 125,707 juta (lama) - Rp 127,707 juta (baru)
Agya S TRD M/T Rp 119,775 juta (lama) - Rp 121,775 juta (baru)
Agya S TRD A/T Rp 130,307 juta (lama) - Rp 132,307 juta (baru)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X