Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2015, 18:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Ada banyak konten dalam gelaran Sunday Race yang digelar Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/3/2015). Salah satunya uji ketangkasan bersepeda motor Trykhana yang diselenggarakan di lokasi Racing Kit Market di salah satu sudut parkiran sirkuit.

Trykhana mengombinasikan tantangan teknik akselerasi, pengereman, manuver, pengendalian, dan sikap berkendara. Pengujian dilakukan di trek buatan dengan jalur yang sudah ditandai dengan cone. Materi uji adalah kecepatan waktu menyelesaikan dua putaran dan sikap berkendara.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Salah satu materi uji, catatan waktu menyelesaikan dua putaran Trykhana.

Tantangan di Trykhana mencerminkan sebagian tantangan yang ditemui di perjalanan sehari-hari. Mampu mengendalikan sepeda motor dengan baik berarti bisa memangkas potensi kecelakaan.

“Penilaian berkendara dilihat dari kelengkapan gear, seperti helm yang sudah di-‘klik’, pelindung kaki dan siku, sarung tangan, sepatu melindungi mata kaki, dan jaket. Bila melanggar disiplin, poin akan dikurang. Begitu pula bila kaki menyentuh tanah setelah dimulai, poin juga dikurangi,” jelas Syafar, Chief Instructor Yamaha Racing Academy.

Trykhana diikuti 60 peserta yang terdiri dari anggota komunitas dan instruktur YRA. Kelas dibagi menjadi tiga, matik menggunakan All-New Soul GT, bebek MX King 150cc, dan R15. Dari sebagian besar peserta, catatan terbaik satu putaran di bawah 45 detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com