Kompas.com - 10/03/2015, 13:53 WIB
Pengetesan Yamaha All-New Soul GT di malam hari. Yamaha IndonesiaPengetesan Yamaha All-New Soul GT di malam hari.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan All-New Soul GT, skutik 125cc yang dibekali teknologi Blue Core. Usai prosesi, (3/3/2015) lalu, KompasOtomotif  berkesempatan "mencicipi" pesaing Honda Vario ini untuk mendapatkan kesan awal.

Secara dimensi sedikit lebih tinggi dan bongsor ketimbang pendahulunya. Tinggi, panjang, dan lebih bongsor. Hal inilah yang membuat Soul GT terbaru layak disandingkan dengan Vario 125 eSP untuk bertarung head to head, tak lagi dengan Vario 110.

Kondisi tersebut secara tidak langsung menjadikan posisi duduk jadi lebih tinggi. KompasOtomotif merasakan ada kemiripan dengan kompetito. Postur tinggi badan 171 cm, kaki bisa menapak tapi tak sempurna. Jok lebar namun tetap ramping. Ini membuat paha mudah digerakkan dan posisi duduk tidak terlalu mengangkang.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha All-New Soul GT, salah satu senjata yang akan dipakai Yamaha merebut tahta skutik di Indonesia.

Ruang kaki lebar, tangan ke setang cukup dekat. Posisi ini sudah cukup untuk kendaraan komuter. Jika dibandingkan dengan Mio M3, All-New Soul GT jauh lebih tinggi dalam segi jarak jok dengan tanah. Untuk pengendara berpostur tinggi, naik model ini masih cukup nyaman.

Galak dan kaku
Kesan saat digeber pertama kali cukup galak. Tarikan di rpm awal membuktikan mesin Blue Core Yamaha cukup responsif. Setelan roller yang berbeda dengan Mio M3 membuat akselerasi di awal jauh lebih mantap.

Karena dicoba malam hari, pembuktian selanjutnya adalah sorot lampu LED yang diklaim lebih terang tapi tak menyilaukan pengguna kendaraan dari arah berlawanan.

Lampu jalan di Kawasan Ancol yang tak begitu terang cukup pas untuk mengetahui bahwa lampu sepeda motor ini bisa diandalkan dalam kondisi gelap.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif All New Yamaha Soul GT 125

Pengendalian cukup mudah. Kesan pertama lincah, bahkan cenderung gampang sekali dibelokkan. Saat dipakai menikung dalam kecepatan lumayan tinggi, karakter suspensi Yamaha cukup mendukung dan cenderung stabil.

Kebetulan ada jalan tak rata, redaman suspensi tak terlalu lembut, justru cenderung kaku. Namun inilah yang membuat topangan saat menikung terasa kokoh.

Jika dilihat penampilan dan fiturnya, dengan banderol Rp 15,1 juta, skutik ini cukup bisa bersaing. KompasOtomotif akan mencoba mengulas lebih detail dalam kesempatan lain termasuk penggunaan di perkotaan hingga konsumsi bahan bakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.