Dollar AS Naik Banderol Jeep, Fiat dan Chrysler Ikut Naik

Kompas.com - 10/03/2015, 08:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Abu Dhabi, KompasOtomotif - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) memberikan dampak kepada sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) berbasis CBU. Garansindo Inter Global, Pemegang merek Jeep, Fiat, dan Chrysler mengaku masih memantau perkembangan yang terjadi.

Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo menyatakan bahwa kenaikan dollar AS dipastikan berpengaruh pada harga jual produk CBU. Apalagi, patokan harga sebelumnya masih di bawah nilai kenaikan dollar AS.

"Kami masih menggunakan patokan Rp 12.300 untuk pasokan sebelumnya, kalau kondisi dollar terus bertahan sampai akhir bulan, mau tidak mau harga harus naik," jelas Al menjawab KompasOtomotif, Selasa (10/3/2015).

Depresiasi kenaikan dollar yang cukup tinggi menbuat mengerek banderol jadi alternatif paling efektif menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Keputusan kenaikan banderol, lanjut Al, tidak serta-merta tanpa memikirkan kepentingan konsumen.

"Besarnya penurunan dollar tidak langsung kami transfer ke konsumen, paling kalau kondisi sama (dollar Rp 13.000) sampai akhir tahun, kenaikan dikisaran di bawah 5 persen, beber Al.

Garansindo memesan pasokan CBU dari AS dan Italia setiap dua bulan sekali. Tapi, penyesuaian pembayaran pesanan dilakukan setiap bulan.

Di sisi lain, meski dihantui pelemahan nikai tukar rupiah, Garansindo mengaku masih optimis terhadap pasar otomotif nasional. "Biar bagaimana pun segmen premium dimana kami bermain, konsumennya relatif kebal terhadap kenaikan harga, jadi kesempatan masih terbuka," tutup Al.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.