Kompas.com - 09/03/2015, 14:30 WIB
|
EditorDonny Apriliananda

Jakarta, KompasOtomotif – Hujan deras yang kerap diikuti banjir di Jakarta dan sekitarnya cukup membuat khawatir pemilik sedan, khususnya tipe hybrid. Namun untuk pemilik Toyota Camry Hybrid, hal tersebut tak perlu bikin galau.

Sedan medium ini punya semua kelebihan varian Camry bermesin tunggal, namun sebagai tambahan, tipe hibrida punya nilai eksklusivitas, salah satunya super irit bahan bakar.

Anggapan sulit merawat dan memperlakukan Camry Hybrid terbantahkan oleh penjelasan GM Technical Service TAM Dadi Hendriadi belum lama ini, yang mengatakan bahwa pemeliharaannya sama seperti varian Camry konvensional.

Dadi juga menjelaskan kemampuan versi hibrida menerjang banjir yang serupa dengan versi "biasa". "Batas aman Camry melewati banjir sewajarnya, jangan sampai lebih dari setengah ban (15-20 cm),” ujar Dadi.

Spesifikasi dasar Camry Hybrid pada dasarnya sama seperti mobil biasa. Namun, bedanya, terdapat motor listrik tambahan dan inverter yang berada di bawah kap mesin. Sedangkan baterai sumber tenaga motor listrik terletak di belakang jok penumpang baris kedua.

"Di belakang baterai sudah tertutup dengan baik, sementara motor listrik letaknya selevel dengan transmisi. Posisi ini masih aman kalau banjir setengah ban,” jelas Dadi.

Baterai diibaratkan seperti aki kering, tidak perlu perawatan sampai rusak. Sistem canggih sudah mengatur kondisi pemakaian baterai paling optimal untuk jangka waktu pemakaian terpanjang. Perawatan Camry Hybrid juga seperti varian lain, disesuaikan jadwal pengecekan resmi.

"Camry Hybrid hampir ga ada bedanya, diperlakukan seperti mobil biasa. Cuma yang sering kejadian, saat pemilik menyalakan mobil suara mesin sangat hening bahkan tak terdengar. Kadang pemilik ga sadar mesinnya sudah menyala atau belum, itu saja,” ulas Dadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.