Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helm Bersuspensi Meminimalisasi Kemungkinan Cedera Kepala

Kompas.com - 03/03/2015, 14:18 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif — Produsen helm off-road merek 6D asal Amerika Serikat mematenkan teknologi suspensi dan distribusi energi pada helm yang disebut Omni-Directional Suspension (ODS). Usaha pematenan sudah diterima US Patent & Trademark Office dan siap disahkan.

Helm 6D ODS mempunyai suspensi khusus yang dipasang di antara cangkang dan lapisan gabus yang bersentuhan dengan kepala. Suspensi terdiri dari titik-titik kecil yang menyebar di beberapa bagian, yang akan menyerap energi benturan, sekaligus sebagai manajemen energi kinetik.

6D Helmet Titik-titik suspensi yang diletakkan antara cangkang dan lapisan yang bersentuhan langsung dengan kepala.

Suspensi-suspensi kecil yang didesain khusus itu akan mengikuti arah energi dan menyerapnya. Tak hanya semakin nyaman untuk penggunaan off-road yang penuh guncangan, tetapi juga mengurangi kemungkingan cedera kepala seperti gegar otak jika terjadi benturan keras.

”Proyek ini dimulai pada 2011, lalu kami kembangkan selama dua tahun dan terciptalah ODS yang meningkatkan faktor keselamatan para rider atau pesepeda. Kami kini tinggal menunggu validasi untuk menerima paten penuh atas teknologi ini,” ujar Bob Weber, CEO 6D Helmet, seperti dikutip motorcycle, Senin (2/3/2015).

6D Helmet mulai mengenalkan helm untuk off-roader pada November 2012. Konsep desain dan teknologi yang revolusioner ini diharapkan memberi warna lain dalam teknologi helm, dan lebih jauh meningkatkan keselamatan dan kenyamanan untuk menjalani hobi.

Berikut video simulasi benturannya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com