Kompas.com - 23/02/2015, 08:40 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Hari Raya Tahun Baru China (Imlek) sudah berlalu, biasanya pasca-Imlek intensitas hujan akan mulai berkurang. Tapi ada hal yang harus diwaspadai para bikers yang tetap beraktivitas selama musim hujan beberapa pekan lalu.

Bila pengendara sepeda motor kerap keluar masuk genangan air atau bahkan melibas banjir, waspadai ancaman ban retak yang bisa terjadi pada ban sepeda motor. "Penyakit" ini kerap muncul pada ban-ban sepeda motor yang dalam kondisi tidak prima, biasa dibiarkan setelah bermain air di musim hujan.

"Ancaman ban retak biasa muncul kalau tekanan angin ban kurang dari standar," jelas Tumpal, pengelola Bursa Ban Motor kepada KompasOtomotif di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (22/2/2015).

Apalagi, banyak biker yang sengaja mengurangi tekanan udara pada ban ketika musim hujan, dengan berharap bisa memperoleh traksi lebih baik di atas permukaan jalan yang licin. Padahal, anggapan ini salah, pola kembang pada ban yang didesain untuk memecah air di jalan basah justru tidak maksimal jika tekanan angin dikurangi.

Panas yang ditimbulkan akibat gesekan ban dengan jalan bisa mengancam ban retak jika tidak punya tekanan angin yang ideal. Jadi pastikan Anda memeriksa kondisi ban motor kesayangan setelah musim hujan lewat!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.