Mesin Boxer Subaru Tembus Angka 1,5 Juta Unit

Kompas.com - 20/02/2015, 09:40 WIB
Mesin Boxer Subaru tembus 1,5 juta unit LeftlanenewsMesin Boxer Subaru tembus 1,5 juta unit
EditorAzwar Ferdian
Tokyo, KompasOtomotif - Produsen asal Jepang, Subaru, mencapai tonggak bersejarah untuk salah satu warisan terbesarnya, mesin Boxer. Subaru telah mencapai angka produksi mesin Boxer sebesar 1,5 juta unit dalam kurun 49 tahun.

Subaru sendiri bisa dibilang paling dikenal dengan sistem Symmetrical All-Wheel Drive. Tapi, rangkaian istimewa dari mesin Boxer adalah ciri lain merek Subaru. Boxer diperkenalkan Subaru pertama kali pada tahun 1966 dan sampai saat ini Subaru masih mempertahankan teknologi mesin tersebut.

Tidak seperti desain mesin silinder segaris atau mesin V, tata letak Boxer menggunakan setup silinder horizontal yang berlawanan. Desain unik ini memungkinkan mesin bisa beroperasi dengan halus. Mesin juga ditempatkan pada posisi lebih rendah untuk menghasilkan sebuah pusat keseluruhan gravitasi yang rendah.

Mesin Boxer Subaru juga digunakan beberapa mobil dari merek lain. Berkat kerja sama dengan Toyota, Boxer 2,0 liter dipakai di  GT86 serta Scion FR-S. Selain itu, Porsche juga memanfaatkannya buat model 911, Boxster dan Cayman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X