Kompas.com - 17/02/2015, 18:30 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Curah hujan tinggi mewajibkan pemilik sepeda motor rutin memeriksa kondisi tunggangannya. Tak cukup dengan mencuci setelah terguyur air hujan yang mengandung asam, beberapa komponen juga wajib diperiksa terkait dengan sifat air yang mudah masuk melalui celah kecil sekali pun.

Mekanik Astra Motor Dewi Sartika, Jakarta Timur, Zainal Arifin, mengatakan bahwa air menjadi berbahaya jika pemilik kurang rajin merawat sepeda motor. ”Lubang sekecil apa pun, bisa masuk air. Lama-lama juga akan banyak dan mengganggu fungsi komponen,” kata Zainal.

Berikut komponen yang wajib diperiksa dalam beberapa waktu setelah sering kena hujan:

1. Khusus untuk model sport, setiap 15.000-20.000 km wajib kuras tangki bahan bakar. Air dikhawatirkan masuk ke tangki yang menyebabkan korosi. ”Apalagi untuk orang yang jarang isi bensin full, dipastikan lebih cepat potensi tangki berkarat,” ujar Zainal.

2. Semua model, tanpa kecuali, ganti busi setiap 8.000 km. Menurut Zainal, busi akan terlihat baik-baik saja secara visual. Pengaruh air yang masuk dan membuat karat di sekitar kepala busi sangat besar.

3. Konektor dan saklar. Air yang terus-terusan membasahi komponen ini membuatnya rawan macet. Misalnya, saklar lampu, sein, dan sebagainya. Cukup dilepas, dan disemprot cairan anti karat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.