Kompas.com - 06/02/2015, 12:01 WIB
EditorAris F. Harvenda
KompasOtomotif - Curah hujan saat ini memang cukup besar. Angin kencang yang kerap mengiringi sering mengganggu pandangan ketika mengemudi mobil. Wiper memegang peran penting untuk membantu menyeka air di kaca depan sehingga tidak mengganggu pandangan. Karet wiper yang sudah getas atau tak lagi berfungsi dengan baik, akan menyulitkan bahkan cenderung berbahaya saat hujan.

Ada baiknya segera mengganti wiper dengan yang baru. Majalah Autobild Indonesia sempat melakukan beberapa penelitian untuk panduan memilih wiper yang baik. Selain desain, parameter pengujian meliputi, kemudahan cara pasang, kemampuan menyeka air, fleksibilitas saat pasang dan tentunya harga. Berikut pilihan dan ulasannya.

Bosch Eco Plus Wiper Blade
Menggunakan frame dari plat. Bisa diaplikasikan pada tangkai model hook arm dan straight arm. Karet penyeka dilapis graphite sehingga membuat wiper bekerja lebih optimal, terutama jika digunakan pada kaca mobil yang sudah menggunakan water repellant. Hasilnya sekali usap kaca langsung bersih dari air. Produk ini dibanderol Rp 110.000. Rating 5 bintang.

Hella Razor Hybrid
Dilengkapi dengan anti-UV dan didukung frame ringan serta elastis.Titik air nyaris hilang sempurna karena konstruksi yang dapat memberikan tekanan di seluruh permukaan bilah wiper. Bobot yang relatif ringan mampu menjaga permukaan kaca dan mengurangi risiko baret halus. Harga Rp 140.000. Rating 4 bintang.

Good Rain Professional Wipers
Memiliki desain menarik dan seperti mengedepankan unsur aerodinamika. Karet cukup lembut dan ringan sehingga meningkatkan kinerja saat menyeka air. Hasil sapuan cukup baik. Rating 3,5 bintang.

Regata Soft Wiper
Dibanderol dengan harga terjangkau (Rp 45.000). Berdesain frameless sehinga tidak terkesan murahan dan mudah dipasang. Sapuan cukup baik menski masih meninggalkan titik-titik air namun masih dalam tahap wajar. Rating 3,5 bintang.

Orix Soft Wiper Blade
Desainnya hampir mirip dengan Regata. Bedanya hanya hasil sapuan yang tak sebaik Regata. Kendati demikian material Orix cukup tebal di ujang bilah karet penyeka. Wiper ini hanya bisa dipakai untuk tangkai hook arm. Harga Rp 45.000. Rating 3 bintang.

Hella Wiper Blade Premium
Mirip dengan produk Bosch, bilah karet dilapisi graphite. Hasil tes menyisakan sedikit tetasan air di ujung sapuan. Dengan bentuk yang konvensional dan tersedia berbagai arm pengunci, wiper ini bisa disematkan ke semua tangkai yang sesuai dengan panjang bilah. Harga Rp 50.000. Rating 3 bintang.

Moon Hybrid Wiper Blade
Punya desain menarik dan memiliki unsur aerodinamika. Karet wiper lembut dapat menyeka dengan baik dan hanya sedikit menyisakan titik air. Harga Rp 150.000. Rating 3 bintang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.