Mobil Polisi dengan Alat Pendeteksi Mobil Curian

Kompas.com - 30/01/2015, 09:20 WIB
EditorAzwar Ferdian
Aalter, KompasOtomotif - Kepolisian Aalter, Belgia, mendapatkan unit mobil patroli baru, Skoda Octavia VRS. Hebatnya, mobil polisi Belgia ini sudah dilengkapi dengan sistem pengenalan nomor polisi kendaraan (plat) bernama ANPR.

ANPR adalah singkatan dari Automatic Number Plate Recognition, yang mampu merekam nomor plat mobil dan kemudian perangkat lunak membandingkan data yang disimpan di pusat data registrasi kendaraan.

Jika ada plat nomor yang terdeteksi palsu dan dicurigai mobil curian, maka otoritas polisi akan disiagakan dan langsung melakukan pengejaran untuk memeriksa mobil tersebut.

Di Belgia, Skoda Octavia VRS sebenarnya hanya dibanderol 29.490 euro (Rp 421,8 juta). Tapi mobil polisi khusus ini dijual lebih mahal dengan tambahan sistem ANPR tersebut. Satu unitnya dihargai 85.000 euro (Rp 1,21 miliar). Alat ANPR ditempel di kap mesin untuk bisa membaca plat mobil lain.

Tamabahn alat tersebut membuat penampilan mobil sedikit berbeda. Skoda Octavia VRS mampu mencapai akselerasi ke kecepatan 100 kpj dalam waktu 6,8 detik dan top speed 248 kpj. Angka tersebut hasil dari output mesin 2.0-liter dengan daya 220 tk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.