NAIAS 2015

Reinkarnasi Ford GT, Mobil Balap Tenaga Ultra

Kompas.com - 13/01/2015, 08:19 WIB
Generasi terbaru Ford GT lahir kembali di Detroit Auto Show 2015. AutoblogGenerasi terbaru Ford GT lahir kembali di Detroit Auto Show 2015.
|
EditorAzwar Ferdian

Detroit, KompasOtomotif - Ford memperkenalkan generasi terbaru mobil super GT di ajang Detroit Auto Show, Senin (12/1/2015). Model ini lahir kembali, setelah terakhir diproduksi Ford periode 2005 hingga 2006.

Seperti dilansir Carscoop (12/1/2015), Ford mengatakan kupe bermesin tengah ini akan dibekali mesin V6, 3.5 liter, turbo ganda, berteknologi EcoBoost, menghasilkan tenaga lebih dari 600 tk, disalurkan ke roda belakang. Meskipun belum ada spesifikasi resminya, kabarnya mesin ini dikembangkan dari mobil balap prototipe Daytona dengan sistem transmisi 7-percepatan, kopling ganda.

Pabrikan asal Dearborn, AS, ini menggambarkan mobil ini sebagai "mobil balap bertenaga ultra" yang mengombinasikan teknologi sebagai mesin EcoBoost terkuat, aerodinamika, dan bobot ringan berkat konstruksi serat karbon. Ford baru mau memproduksi mobil ini akhir 2016 dan siap menantang dominasi mobil-mobil eksotis yang ada di pasar.

Desain

Dari tampilannya, Ford GT generasi baru terlihat tak menghilangkan ciri mobil balap GT dengan sentuhan lekuk tubuh yang modern. Beberapa ujung bodi dibuat lebih tajam dan agresif. Mobil ini menggelinding dengan pelek 20 inci dibalut ban Michelin Pilot Super Sport Cup 2. Ban ini menawarkan kompon karet unik yang didesain khusus untuk Ford GT.

Di dalam kabin, terdapat dua jok untuk pengemudi dan penumpang depan yang terintegrasi dengan bodi serat karbon. Pedal dan lingkar kemudi bisa diatur sesuai keinginan pengemudi. Setir bergaya mobil balap F1, berfungsi mengatur semua kebutuhan yang dibutuhkan pengemudi, termasuk naik atau menurunkan transmisi bisa dengan tuas (paddle shift).

Perkenalan Ford GT sengaja dilakukan tahun ini, bersamaan dengan peringatan ulang tahun ke-50 kemenangan Ford di kejuaran Le Mans pada 1966. Kala itu, mobil balap Ford GT berhasil menduduki peringkat pertama, kedua, dan ketiga dalam kejuaran bergengsi itu.

Autoblog Siap diproduksi akhir 2016, menantang dominasi mobil eksotis yang sudah ada di pasar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X