Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NAIAS 2015

Jaguar Kenalkan "Crossover" Perdananya

Kompas.com - 12/01/2015, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Jaguar akhirnya memilih Detroit Auto Show alias NAAS 2015 yang bergulir pekan ini (12-25 Januari) untuk memperkenalkan crossover perdana, F-Pace. SUV kompak lima pintu ini disandingkan bersaing dengan model lain yang sudah ada di pasar, seperti Audi Q5, BMW X3, Mercedes-Benz GLC, dan GLK.

Mobil berpenggerak semua roda ini, mulai dijual musim semi 2016 mendatang. Jaguar menggunakan arsitektur aluminium yang sama dengan sedan kompak XE. Sedangkan XE sendiri baru mulai dijual di Eropa musim semi 2015 dan menyusul setahun kemudian untuk Amerika Serikat.

Dilansir Autonews (11/1/2015), sosok F-Pace sendiri diproduksi berdasarkan konsep C-X17 yang sempat mejeng di Frankfurt Auto Show 2013 lalu. Para eksekutif Jaguar mengatakan, mobil ini tidak akan berkompetisi dengan SUV dari Land Rover, karena menawarkan karakter berkendara on-road ketimbang kemampuan off-road.

Ian Callum, Direktur Desain Jaguar dalam keterangan resminya menyatakan, respons positif dari konsep C-X17 membuat perusahaan menyetujui produksi Jaguar F-Pace, terinspirasi dari Tipe F, yang mencerminkan keseimbangan antara gaya, kemampuan, dan hal praktis.

Andy Goss, Direktur Penjualan Jaguar Land Rover mengatakan, crossover baru diproduksi berdasarkan pedoman dasar perusahaan, kecantikan, kecepatan, dan kelegaan. F-Pace sudah melalui tahap pengujuan. Produk ini nantinya akan diproduksi di pabrik Solihull, Inggris.

Dengan crossover ini, Jaguar berharap bisa mendongkrak penjualan di AS, karena semua kompetitor merek premium punya model di segmen ini. Tahun lalu, penjualan Jaguar di AS turun 7 persen menjadi hanya 15.773 unit. Padahal, pasar mobil premium sendiri naik 6 persen tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com