Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-Gara Situs, BMW Somasi Perusahaan Asal Surabaya

Kompas.com - 10/01/2015, 15:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif - Pabrikan otomotif asal Jerman BMW mensomasi direktur perusahaan konsultan merek asal Surabaya, BNL Patent, Benny Muliawan, terkait nama domain alamat situs.

Benny Muliawan, yang membuat nama domain alamat website BMw.id, dianggap melanggar hak cipta nama domain website resmi BMW, yakni BMW.co.id.

Surat somasi itu dikirim melalui kuasa hukum BMW, Suryomurcito pada November, dan diterima Benny pada 3 Desember 2014. Surat Somasi berisi empat point tuntutan, yakni meminta Benny Muliawan menonaktifkan nama domain website, menyerahkan nama domain website kepada pihak BMW, dan meminta pernyataan mengakui memakai nama BMW.

Benny sendiri membantah jika alamat domain websitenya itu sengaja menduplikasi nama BMW. "Somasi yang dilayangkan tidak berdasar, secara kasat mata saja sudah beda antara BMW.id dan BMW.co.id. Saya juga mendaftarkan nama domain tersebut sesuai dengan aturan yang ada sesuai arahan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi)," ujarnya.

Kata Benny, pihaknya tidak memiliki niat mendompleng nama keteran BMW. "Nama BMw sebagai kepanjangan nama saya, Benny Muliawan. Pengakses website saya juga tidak pernah menanyakan produk-produk mobil," tegasnya.

Situs tersebut digunakannya untuk kepentingan pribadi dan pekerjaannya sebagai konsultan HAKI, dan konsultan merek yang banyak berinteraksi dengan usaha mikro kecil yang ingin mempatenkan nama produknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com