Cara Mempertahankan Kilau Warna Atraktif Sepeda Motor

Kompas.com - 09/01/2015, 11:59 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Belakangan, banyak produsen sepeda motor yang mulai mengandalkan warna-warna atraktif. Kelir standar seperti hitam, abu-abu, merah, biru, putih, kini ditemani dengan warna ”berani” yang terkesan lebih muda dan dinamis. Mulai kuning, ungu, hijau, cokelat dan banyak lainnya.

Bukan tanpa alasan, warna cerah dan atraktif ternyata punya segmen sendiri. Kebanyakan produk yang mengadopsi warna cerah adalah skutik. Salah satu contoh, Yamaha Fino FI dengan aneka pilihan warna di tipe sporty. Tak hanya satu, kombinasi beberapa warna bahkan dipadu polesan krom membuat penampilan menggairahkan.

Ketika memutuskan untuk membelinya, yang harus disadari adalah menjaga kondisi warna atraktif agar tetap mengilap. Dari berbagai sumber, KompasOtomotif coba merangkum cara mempertahankan warna ”kinclong” sepeda motor agar tetap memesona:

1. Jangan terlalu sering terkena sinar matahari. Sebisa mungkin mencari tempat parkir yang teduh. Debu dan sinar ultraviolet matahari terus-menerus berpotensi merusak partikel cat.

2. Hindari mencuci dengan deterjen atau bahkan sabun colek. Kandungannya diciptakan untuk menghilangkan noda pada kain, bukan bodi sepeda motor. Usahakan memakai sampo khusus untuk menjaga kelembaban bodi dan cat.

3. Air hujan dan garam adalah musuh cat. Air hujan mengandung asam, terutama hujan yang turun pertama kali. Jika terkena, segera basuh dengan air bersih. Begitu juga dengan air garam alias air asin. Kandungan garam membuat warna cepat pudar, dan komponen besi cepat berkarat.

4. Segera keringkan jika bodi sepeda motor terkena air apa pun. Bintik-bintik air yang menempel dan terkena sinar matahari bercampur debu akan meninggalkan jamur dan noda yang sulit dihilangkan. Kilau cat pun berkurang.

5. Menggunakan cairan pengilap boleh, namun tidak disarankan terlalu sering. Warna bodi sepeda motor akan terkikis dan keindahannya pun lambat laun hilang.

6. Khusus untuk lapisan krom, hati-hati jika membersihkan air yang menempel. Gunakan kain dengan tekstur lembut agar tidak baret. Usahakan tidak memakai bahan kimia apa pun untuk komponen krom, karena warna akan berangsur menjadi kekuningan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.