Komunitas Mobil Toyota Menjamur di Sumatera

Kompas.com - 08/01/2015, 16:00 WIB
Booth Toyota di IIMS 2013 Zulkifli BJBooth Toyota di IIMS 2013
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagai perpanjangan tangan Toyota Astra Motor (TAM), dealer utama jaringan pemasaran juga berperan membantu perkembangan komunitas pemilik mobil Toyota. Kelompok dealer terbesar TAM, Auto2000, mencatatat ada 89 komunitas di seluruh wilayah cakupannya.

Auto2000 menguasai 70-80 persen jaringan pemasaran TAM, memiliki 184 outlet kecuali di wilayah Sulawesi, Maluku, Papua, Jambi, Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Auto2000 mendata untuk wilayahnya pada 2012 hanya ada 26 komunitas mobil Toyota, lalu berkembang menjadi 57 komunitas pada 2013. Data terakir pada 2014 menunjukan perkembangan pesat, sekarang total komunitas Toyota berjumlah 89.

Kemas Henry Kurniawan Communication & Digital Marketing Department Head Auto2000 membeberkan wilayah yang paling berkembang adalah Sumatera, terutama di Lampung dan Padang. Kini Lampung punya 18 komunitas, bertambah 10 dari data pada 2013. Sementara di Padang pada 2014 muncul sembilan komunitas baru, sekarang jumlahnya mencapai 12 komunitas.

Total di seluruh Sumatera mencapai 36 komunitas, jumlah ini bahkan lebih banyak dari Jakarta dan Jawa Timur yang masing-masing tercatat 16 komunitas.

“Itu menunjukan Jawa dan Sumatera orang yang punya mobil baru dan mencari komunitas memang sedang berkembang. Berarti ada sesuatu yang perlu diapresiasi,” ujar Kemas kepada KompasOtomotif, Kamis (8/1/2015).

Kemas mengatakan Auto2000 mendukung klub-klub lama dan baru, termasuk di dalamnya adalah Toyota Kijang Club Indonesia, Avanza Xenia Indonesia Club, Innova Community, Terios Rush Club Indonesia, Great Corolla Club, Altis Indonesia Community, Indonesia Kijang Club, Indonesian Corolla Club, Toyota Soluna Vios Club, Toyota Avanza Club Indonesia, Toyota Yaris Club Indonesia, Velozity, dan berbagai komuitas regional.

Perkembangan komunitas Toyota di Indonesia bertumbuh seiring meningkatnya loyalitas terhadap merek dan kedatangan model baru.

“Kalau kita fungsinya hanya men-support TAM, kontrolnya tetap dari TAM, pendaftaran dan lain sebagainya dari TAM. Selama ini benefit buat klub hanya berdasarkan kedekatan dengan dealer, sekarang kami sedang mengusahakan ada program baru,” tutup Kemas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X