Ini Komponen yang Sering Ditambahkan untuk Motor Baru

Kompas.com - 08/01/2015, 14:29 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Membeli sepeda motor baru berarti siap mengutak-atik. Ada saja komponen standar yang diganti atau ditambahkan, meski hanya sebatas aksesori ringan. Kebiasaan ini melanda sebagian besar pembeli sepeda motor baru untuk semua kalangan.

Menurut Yahya, pemilik toko aksesori sepeda motor Langgeng Jaya di Jl RS Soekanto, Jakarta Timur, banyak orang yang kurang puas dengan penampilan standar adalah pemicu pemilik sepeda motor baru ganti aksesori atau komponen utama sekaligus.

”Setelah dikirim dari showroom, minimal membeli dudukan pelat nomor atau menempel stiker. Atau banyak juga yang langsung memasang alarm dan lampu aftermarket. Ada ajalah pokoknya. Kan orang ingin lebih gaya menurut versi masing-masing,” tuturnya kepada KompasOtomotif, Kamis, (8/1/2014).

Yahya pun memetakan, kumpulan komponen atau aksesori yang sering dipasang untuk mempercantik sepeda motor baru dan tidak mengubah standar yang lain adalah sebagai berikut:

1. Dudukan/cover untuk pelat nomor. Tampaknya remeh, tapi inilah yang menurut Yahya dibeli rata-rata pemilik sepeda motor baru. ”Paling laris ini. Lagipula ada banyak pilihan dari yang murah sampai yang anti air,” kata Yahya.

2. Lampu. Banyak tawaran jenis lampu aksesori aftermarket di pasaran membuat banyak orang tergoda untuk mempercantik kendaraan dengan ”lampu hias”. Mulai angel eyes dengan proyektor, sampai LED yang berkedip.

3. Stiker. Aksesori tambahan ini termasuk paling gampang untuk mempercantik penampilan. Jika tak ingin terlalu ”ngejreng”, ada stiker warna hitam (smoke) yang transparan untuk melapisi stiker asli pada bodi sepeda motor.

4. Aksesori ringan. Minimal baut warna, spion khusus, pijakan kaki, atau tuas rem dan kopling. Komponen ini harganya tak terlalu mahal, tapi cukup mengubah wajah.

5. Ban. Karet bundar standar banyak dianggap kurang memadai dari sisi estetika. Tawaran produk ban aftermarket dengan spesifikasi tubeless bisa menjadi komponen yang dituju saat pertama kali membawa pulang sepeda motor baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.