Kompas.com - 07/01/2015, 07:40 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Memasuki musim hujan yang berlangsung sampai Februari 2015, Anda perlu lebih hati-hati di jalan. Di kala hujan deras, suhu udara menjadi dingin, dan ketika berjalan di daerah ketinggian tertentu kabut akan turun.

Bagi pengguna mobil, ada baiknya melengkapi aksesori tambahan untuk menambah keamanan di jalan, yakni lampu kabut atau fog lamp. Aksesori ini biasa ditawarkan sejumlah dealer ketika membeli mobil baru menebus dengan sejumlah dana tambahan. Namun, bagi Anda yang mobilnya belum dilengkapi dengan lampu kabut, ada baiknya menambah aksesori ini untuk meningkatkan keselamatan.

Fungsi utama fog lamp ada dua, pertama untuk menambah daya pengelihatan di kala hujan. Kedua, untuk menambah tampilan mobil jadi lebih bergaya. Tapi, dalam memilih lampu kabut juga butuh kejelian.

Menurut Hendra punggawa toko aksesori Automania mengatakan, biasanya lampu kabut standar dijual dengan bohlam biasa dengan nyala lampu kekuningan. Tapi, sebagian konsumen biasa mengganti bohlam dengan HID Xenon dengan nyala lebih terang tetapi bercahaya keputihan.

"Sebenarnya fog lamp yang lebih ideal itu tetap menggunakan bohlam halogen, karena daya pandang pada waktu hujan atau berkabut daya tembus cahaya kekuningan lebih baik ketimbang putih," jelas Hendra kepada KompasOtomotif, Selasa (6/1/2015).

Di pasar, terdapat berbagai pilihan lampu kabut purna jual. Beberapa produk buatan China, jelas Hendra, biasa dibanderol antara Rp 400.000-Rp 600.000 sepasang. Sedangkan untuk buatan Taiwan, sekitar Rp 700.000-Rp 1 juta per pasang, tergantung jenis mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.