103 Mobil Torehkan Rekor “Burnout” Terbanyak

Kompas.com - 05/01/2015, 15:05 WIB
Aksi pemecahan rekor dunia jumlah mobil terbanyak yang melakukan burnout di Summernets, Australia, pada 1 Januari 2015. You TubeAksi pemecahan rekor dunia jumlah mobil terbanyak yang melakukan burnout di Summernets, Australia, pada 1 Januari 2015.
|
EditorAzwar Ferdian

Canberra, KompasOtomotif - Keputusan berbagai manufaktur angkat kaki pada 2017 memukul Australia, namun otomotif di Benua Kanguru masih menunjukan tanda-tanda bergairah. Festival penggemar mobil Summernats kembali sukses digelar pada 1–4 Januari 2015 di Exibition Park, Canberra dan berhasil mengumpulkan hingga ribuan mobil asal seluruh pelosok wilayah.

Kegiatan rutin ini selalu digelar setiap tahun, catatan terbaik didatangi hingga lebih dari 100.000 pengunjung. Konten acara beragam mulai dari pameran dan adu keren modifikasi, kompetisi balap, hingga tanding mengemudi presisi.

Tapi, tahun ini ada aksi lain yang membawa Australia ke level internasional. Sebanyak 103 mobil mencetak Guinness World Record jumlah mobil terbanyak yang melakukan burnout secara bersamaan.

Sebagian besar mobil punya emblem Ford dan Holden, meski begitu juga terlihat Mercedes Benz W126 dan yang paling unik truk ek krim Subaru. Sebenarnya ada 107 mobil yang berusaha membakar ban namun sebagian tidak dihitung, sebab panitia Guinness World Record mengatakan asap dari karet yang terbakar harus bertahan setidaknya 30 detik.

Tidak hanya ada asap putih hasil burnout, terlihat juga pada video ada kepulan asal berwarna pink dan kuning. Setelah aksi menggesek ban ke aspal selesai, kumpulan asap membumbung tinggi ke udara. Rekor baru ini mengalahkan prestasi serupa di ajang yang sama tahun lalu sejumlah 69 mobil.

Berikut aksi burnout Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X