Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

103 Mobil Torehkan Rekor “Burnout” Terbanyak

Kompas.com - 05/01/2015, 15:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Canberra, KompasOtomotif - Keputusan berbagai manufaktur angkat kaki pada 2017 memukul Australia, namun otomotif di Benua Kanguru masih menunjukan tanda-tanda bergairah. Festival penggemar mobil Summernats kembali sukses digelar pada 1–4 Januari 2015 di Exibition Park, Canberra dan berhasil mengumpulkan hingga ribuan mobil asal seluruh pelosok wilayah.

Kegiatan rutin ini selalu digelar setiap tahun, catatan terbaik didatangi hingga lebih dari 100.000 pengunjung. Konten acara beragam mulai dari pameran dan adu keren modifikasi, kompetisi balap, hingga tanding mengemudi presisi.

Tapi, tahun ini ada aksi lain yang membawa Australia ke level internasional. Sebanyak 103 mobil mencetak Guinness World Record jumlah mobil terbanyak yang melakukan burnout secara bersamaan.

Sebagian besar mobil punya emblem Ford dan Holden, meski begitu juga terlihat Mercedes Benz W126 dan yang paling unik truk ek krim Subaru. Sebenarnya ada 107 mobil yang berusaha membakar ban namun sebagian tidak dihitung, sebab panitia Guinness World Record mengatakan asap dari karet yang terbakar harus bertahan setidaknya 30 detik.

Tidak hanya ada asap putih hasil burnout, terlihat juga pada video ada kepulan asal berwarna pink dan kuning. Setelah aksi menggesek ban ke aspal selesai, kumpulan asap membumbung tinggi ke udara. Rekor baru ini mengalahkan prestasi serupa di ajang yang sama tahun lalu sejumlah 69 mobil.

Berikut aksi burnout Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com