Sepeda Motor Ini Cocok untuk Tim Buru Sergap

Kompas.com - 17/12/2014, 17:15 WIB
Zero tipe Military lebih cocok digunakan untuk off road. Garansindo TechnologiesZero tipe Military lebih cocok digunakan untuk off road.
EditorDonny Apriliananda

Jakarta, KompasOtomotif - Zero Motorcycles yang hadir melalui PT Garansindo Technologies (GT) sebagai distributor tunggal mempunyai beberapa kelebihan. Menggunakan baterai sebagai sumber tenaga, sepeda motor ini nyaris tak mengeluarkan suara. Bukan menjadi kelemahan, di sebagian kalangan justru ini dicatat sebagai kelebihan.

Misalnya di Amerika Serikat, Zero Motorcycles digunakan kepolisian untuk melakukan silent operation di hutan atau kawasan pedalaman. ”Di sana dipakai untuk buru sergap yang mengendap-endap membekuk gembong narkoba di pedalaman, karena memang tidak ada suara dan nyaris tidak dikenali bunyinya,” kata Satya Saptaputra, CEO GT, Rabu (17/12/2014) di Jakarta.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Panel indikator diganti tombol-tombol khusus.

Yang dimaksud Satya adalah Zero tipe FX Military dan DS Police. Untuk tipe Military, didesain khusus sebagai sepeda motor off-road yang menggunakan ”ban tahu”. Ground clearance juga lebih tinggi. Karena peruntukannya bukan di jalan raya, sepeda motor ini hanya dilengkapi lampu depan. Panel indikatornya pun tidak ada, diganti tombol-tombol khusus di dekat setang.

Dua tipe inilah yang sangat membantu kepolisian di AS untuk blusukan ke hutan dan memburu pelaku kriminal, atau menjalani operasi diam-diam di perkotaan. Keduanya memiliki desain proporsional dengan curb-weight cukup ringan. Ini memudahkan pengendara melakukan manuver dalam kondisi lalu lintas padat atau saat saat berkendara jarak jauh sekalipun.

GT sudah menawarkan dua tipe ini untuk instansi pemerintah, termasuk kepolisian dan tentara. ”Memang model ini kami datangkan karena melihat kebutuhan akan kendaraan sergap. Kelebihannya banyak, salah satunya performa yang nyaris tanpa suara,” ujar Dhani M Yahya, Managing Director GT.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X