Audi Siapkan Crossover Listrik Murni untuk AS

Kompas.com - 05/12/2014, 07:40 WIB
Audi mulai memasarkan A3 E-Tron berteknologi hibrida plug in, mulai tahun ini. www.greencarreports.comAudi mulai memasarkan A3 E-Tron berteknologi hibrida plug in, mulai tahun ini.
|
EditorAris F. Harvenda

Frankfurt, KompasOtomotif - Audi AG berencana meluncurkan model baru di segmen crossover berteknologi listrik murni mulai 2017. Model ini disiapkan khusus untuk menantang dominasi Tesla Motor di Amerika Serikat, menyasar pada konsumen sejahtera dan sadar akan lingkungan bebas polusi.

Produk ini bakal menjadi mobil listrik murni pertama Audi yang dilepas ke konsumen secara massal. Tahun depan, Audi memulai dengan memperkenalkan mobil balap R8 juga bertenaga listrik murni, menyusul mulai dipasarkannya A3 E-Tron yang berteknologi hibrida plug-in.

"Para insinyur kami terus bekerja. Sepertinya akan menjadi sebuah crossover, tetapi pengembangan pekerjaan masih berlangsung," jelas Rupert Stadler, CEO Audi dilansir Bloomberg, di Berlin (4/12/2014).

Tesla telah berhasil memosisikan dirinya sebagai produsen mobil listrik premium di AS. Kehadirannya cukup mengintimidasi merek-merek premium tradisional asal Jerman. Produsen yang digawangi oleh miliarder Elon Musk berencana melepas SUV pertamanya pada 2015.

Kesuksesan Tesla juga dibuktikan dengan predikat mobil paling memuaskan konsumen dari laporan majalah nirlaba Consumer Reports. Audi harus puas diperingkat ketiga, setelah Porsche, sedangkan Mercedes-Benz bercokol di posisi empat.

Audi, produsen mobil premium terbesar kedua di dunia, menargetkan mampu menjual 1,7 juta unit mobil tahun ini. Anak perusahaan Grup Volkswagen ini berharap bisa menggeser dominasi BMW pada 2020 dan pasar AS menjadi salah satu kuncinya.

Di AS, penjualan Audi naik 15 persen tahun ini lebih besar dari hasil rekor yang dicapai tahun lalu (2013), 158.061 unit. "Pertumbuhan kami di AS wajib berlanjut. Kami menaruh pandangan kami pada hasil 200.000 unit, ketika sudah mencapai itu, kami melihat ke 300.000 unit pada satu titik, apakah itu akan dicapai pada 2020, 2022, atau 2023, saya tidak terlalu peduli," beber Stadler.

Audi juga memastikan akan meluncurkan satu model berteknologi hibrida plug-in per tahun, dimulai dengan A3 E-Tron tahun ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X