Modifikasi Kabin Bisa Ganggu Kerja "Airbag"

Kompas.com - 04/12/2014, 13:40 WIB
Febri Ardani Airbag untuk penumpang depan pada All-New Yaris.

Jakarta, KompasOtomotif – Di balik dashboard mobil ada banyak penghubung sistem kerja termasuk perangkat keselamatan kantung udara untuk mobil modern. Hati-hati bila ingin memodifikasi dashboard dengan memakai pelapis tambahan, pasalnya ada kekhawatiran bisa menghambat fungsi kantung udara.

Edy dari rumah modifikasi interior Vertue Concept memaparkan hal ini perlu diperhatikan sebab bisa saja pemilk atau bengkel kurang awas, menutup seluruh dashboard dengan pelapis menghalangi kerja kantung udara saat dibutuhkan.

“Logika dasarnya seperti itu, memang belum ada pengujian tapi kita tidak pernah merekomendasikan melapisi dashboard, kalau mau lebih baik di cat saja,” jelas Edy saat KompasOtomotif bertanya tentang konsep modifikasi pada All-New Yaris, Rabu (3/12/2014).

Lagipula, lanjut Edy, ketebalan pelapis walau hanya satu milimeter bisa menyulitkan proses pemasangan. Dashboard termasuk komponen yang cukup sulit dibongkar dan dipasang. Hal yang sama juga berlaku untuk setir, tempat kantung udara utama buat pengemudi disimpan.

Selain berperan sebagai pelindung sebagian besar perangkat keras sistem mobil, sisi kabin dashboard punya estetika dan memengaruhi desain interior untuk kenyamanan penumpang. Sebab itu pemilik tidak jarang mempercantik sektor ini dengan berbagai cara, misalnya dengan menaruh dekorasi, ini juga perlu diperhatikan, sebaiknya jangan diletakan di atas wadah penyimpanan kantung udara.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAzwar Ferdian
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X