Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2014, 10:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Carscoops

Moskwa, KompasOtomotif - Meski tengah dilanda krisis keamanan dengan Ukraina, Rusia tetap konsisten dengan perkembangan otomotifnya. Apalagi kalau bicara soal Presiden Vladimir Putin yang dikenal gemar pada dunia otomotif, mulai dari mengendarai mobil balap F1 sampai ikut terlibat mengembangkan mobil kepresidenan. Kini Putin punya mainan baru, yakni mobil listrik spesial.

Produk ini adalah empat prototipe yang diproduksi produsen otomotif Yo-Auto asal Rusia. Perusahaan gabungan antara produsen truk Yarovit dan grup investasi ONEXIM, milik miliuner lokal Mikhail Prokhorov yang juga pemilik klub basket Nets di Amerika Serikat.

Perusahaan gabungan ini mulai beroperasi 2012 dengan rencana meluncurkan Yo-Mobile, hatchback lima pintu berteknologi hibrida, mengawinkan mesin 1.4 liter pasokan Fiat dan dua motor listrik. Bodi mobil ini kabarnya menggunakan material komposit, berbeda dengan mobil lain pada umumnya.

Sayangnya, mobil ini gagal diluncurkan dan April 2014 lalu, ONEXIM lantas menjual teknologi dan pengembangan Yo-Mobile pada perusahaan plat merah NAMI hanya senilai 1 euro. Alasannya, karena penurunan tajam pasar mobil di Rusia dan biaya operasional yang tinggi membuat perusahaan sulit melanjutkan proyek ini apalagi sampai bisa mencapai keuntungan.

Kini, Yo-Mobile bekerja dalam proyek mobil listrik lain di bawah bendera NAMI. Padahal sebelumnya, Yo-Mobile sudah menciptakan total empat prototipe, salah satunya, Yo-Crossover (hatchback tiga pintu berteknologi listrik) atau juga dijuluki juga BMW i3 dari Rusia.

Mikhail Prokhorov menyimpan satu prototipe Yo-Mobile berwarna putih untuk koleksinya, memberikan dua prototipe lainnya pada Presiden Vladimir Putin dengan warna biru, dan politisi Vladimir Zhirinovsky (warna merah).

rusautomobile.ru Dibekali mesin konvensional 1.4 liter dari Fiat dipadu dengan dua motor listrik.
rusautomobile.ru Desain interior prototipe hibrida ini terlihat minimalis dan modern.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com