Hadiah Mobil Listrik untuk Presiden Putin

Kompas.com - 03/12/2014, 10:00 WIB
Prototipe mobiil listrik dihadiahkan pada Presiden Rusia, Vlademir Putin. rusautomobile.ruPrototipe mobiil listrik dihadiahkan pada Presiden Rusia, Vlademir Putin.
|
EditorAzwar Ferdian

Moskwa, KompasOtomotif - Meski tengah dilanda krisis keamanan dengan Ukraina, Rusia tetap konsisten dengan perkembangan otomotifnya. Apalagi kalau bicara soal Presiden Vladimir Putin yang dikenal gemar pada dunia otomotif, mulai dari mengendarai mobil balap F1 sampai ikut terlibat mengembangkan mobil kepresidenan. Kini Putin punya mainan baru, yakni mobil listrik spesial.

Produk ini adalah empat prototipe yang diproduksi produsen otomotif Yo-Auto asal Rusia. Perusahaan gabungan antara produsen truk Yarovit dan grup investasi ONEXIM, milik miliuner lokal Mikhail Prokhorov yang juga pemilik klub basket Nets di Amerika Serikat.

Perusahaan gabungan ini mulai beroperasi 2012 dengan rencana meluncurkan Yo-Mobile, hatchback lima pintu berteknologi hibrida, mengawinkan mesin 1.4 liter pasokan Fiat dan dua motor listrik. Bodi mobil ini kabarnya menggunakan material komposit, berbeda dengan mobil lain pada umumnya.

Sayangnya, mobil ini gagal diluncurkan dan April 2014 lalu, ONEXIM lantas menjual teknologi dan pengembangan Yo-Mobile pada perusahaan plat merah NAMI hanya senilai 1 euro. Alasannya, karena penurunan tajam pasar mobil di Rusia dan biaya operasional yang tinggi membuat perusahaan sulit melanjutkan proyek ini apalagi sampai bisa mencapai keuntungan.

Kini, Yo-Mobile bekerja dalam proyek mobil listrik lain di bawah bendera NAMI. Padahal sebelumnya, Yo-Mobile sudah menciptakan total empat prototipe, salah satunya, Yo-Crossover (hatchback tiga pintu berteknologi listrik) atau juga dijuluki juga BMW i3 dari Rusia.

Mikhail Prokhorov menyimpan satu prototipe Yo-Mobile berwarna putih untuk koleksinya, memberikan dua prototipe lainnya pada Presiden Vladimir Putin dengan warna biru, dan politisi Vladimir Zhirinovsky (warna merah).

rusautomobile.ru Dibekali mesin konvensional 1.4 liter dari Fiat dipadu dengan dua motor listrik.
rusautomobile.ru Desain interior prototipe hibrida ini terlihat minimalis dan modern.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Carscoops
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X