McLaren Enggan Pakai Mesin Honda untuk Mobil Produksi

Kompas.com - 01/12/2014, 11:45 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Surrey, KompasOtomotif - McLaren mematahkan rumor yang mengatakan ada kemungkinan mobil produksi mereka memakai teknologi mesin Honda, seperti kolaborasi keduanya pada Formula 1 musim 2015.

“Tidak ada niat untuk bekerja sama dengan Honda (di mobil produksi). Itu tidak akan terjadi selama kami masih perusahaan independen. Kami memproduksi McLaren murni,” kata Jolyon Nash, Direktur Global Sales and Marketing McLaren dalam sesi wawancara dengan Drive.com, pekan lalu.

McLaren dengan Honda telah bergabung untuk berlaga di F1 sejak lama, kolaborasi keduanya pernah membantu Ayrton Senna dan Alain Prost memenangkan gelar juara di akhir 1988-1992. Honda sempat membeli British American Racing (BAR) dan menjadikannya tim F1 mulai 2006, namun akhirnya menyatakan mundur pada 2008 karena terkena sapuan krisis ekonomi. Sementara McLaren tetap bertahan sebagai pabrikan tertua di F1 setelah Ferrari.

Pada Mei 2013, Honda mengungkapkan rencana kembali ke F1 pada 2015 sebagai pemasok mesin McLaren. Tapi kerja sama itu tidak akan lebih jauh dari sirkuit F1. “Ada kepercayaan diri tinggi mengenai hal ini dan potensi di trek tahun depan. Lagipula, inilah pembaruan salah satu kerja sama tersukses di F1, McLaren dan Honda. Hubungan ini murni kerja sama F1,” kata Nash.

Nash juga mengatakan McLaren berencana tetap “murni” dan membuat segala sesuatu di internal sesuai ideologi. Tidak akan ada pemaksaan membuka segmen baru, termasuk ide membuat SUV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.