Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komunitas

Saat Ribuan ”Biker” Honda Menari Kecak

Kompas.com - 30/11/2014, 10:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Badung, KompasOtomotif – Suasana menarik muncul dalam penyelenggaraan Honda Bikers Day (HBD), 29 November 2014 di Pantai Pandawa, Badung, Bali. Ribuan biker Honda dari berbagai komunitas di Indonesia yang hadir dalam agenda gathering tahunan itu, berkumpul di area utama sambil melakukan berbagai gerakan tangan yang khas dengan kompak.

Itulah gerakan Tari Kecak yang menjadi menjadi ikonis budaya di Bali. Tak sekadar menari, mereka semua berusaha memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Tari Kecak kontemporer bikers dengan jumlah penari terbanyak. Para biker melakukan gerakan dipandu penari lokal.

”Kami menghadirkan tarian ini dalam HBD sebagai simbol kesadaran para biker untuk saling menularkan semangat pelestarian kebudayaan, baik bagi sesama biker maupun masyarakat sekitarnya. Kami ingin menunjukkan bahwa acara ini tak hanya gathering, tetapi juga punya unsur budaya dan pelestarian alam.” terang Istiyani Susriyati, GM Honda Costumer Care Center Division PT Astra Honda Motor.

Semangat kebersamaan
Di awal, cukup sulit mengumpulkan biker ke area utama untuk menari Kecak bersama-sama. Namun dengan semangat kebersamaan, agenda ini diikuti hampir semua biker yang hadir dalam HBD 2014. Gerakan tarian dengan suara khas membuat suasana salah satu pantai yang belum banyak dikenal masyarakat itu menjadi riuh.

Setelah melakukannya berulang-ulang, aksi itu dinyatakan memenuhi syarat oleh perwakilan MURI. Penghargaan pun diberikan untuk PT Astra Honda Motor dan Astra Motor Denpasar yang berhasil mengumpulkan biker untuk menari kecak bersama-sama.

”Kelihatannya (menari kecak) gampang, tapi waktu menarikan gerakan dan suaranya ternyata sulit. Unik sih acara HBD tahun ini. Apalagi penyelenggaraannya di Bali, banyak objek wisata yang bisa kami hadiri nanti setelah selesai,” ujar Pandu, salah satu anggota klub Pasukan Blade Indonesia.

Semangat peduli terhadap kebudayaan juga tercermin dalam pemilihan acara hiburan. Para biker dihibur arak-arakan Gamelan Beleganjur yang merupakan alunan musik tradisional khas Bali yang ditabuh dalam tempo cepat untuk membangkitkan semangat. Selain itu, pertunjukkan Tari Pendet yang merupakan tarian selamat datang ala Bali menyambut hangat kehadiran para biker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com