Kompas.com - 30/11/2014, 10:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Badung, KompasOtomotif – Suasana menarik muncul dalam penyelenggaraan Honda Bikers Day (HBD), 29 November 2014 di Pantai Pandawa, Badung, Bali. Ribuan biker Honda dari berbagai komunitas di Indonesia yang hadir dalam agenda gathering tahunan itu, berkumpul di area utama sambil melakukan berbagai gerakan tangan yang khas dengan kompak.

Itulah gerakan Tari Kecak yang menjadi menjadi ikonis budaya di Bali. Tak sekadar menari, mereka semua berusaha memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Tari Kecak kontemporer bikers dengan jumlah penari terbanyak. Para biker melakukan gerakan dipandu penari lokal.

”Kami menghadirkan tarian ini dalam HBD sebagai simbol kesadaran para biker untuk saling menularkan semangat pelestarian kebudayaan, baik bagi sesama biker maupun masyarakat sekitarnya. Kami ingin menunjukkan bahwa acara ini tak hanya gathering, tetapi juga punya unsur budaya dan pelestarian alam.” terang Istiyani Susriyati, GM Honda Costumer Care Center Division PT Astra Honda Motor.

Semangat kebersamaan
Di awal, cukup sulit mengumpulkan biker ke area utama untuk menari Kecak bersama-sama. Namun dengan semangat kebersamaan, agenda ini diikuti hampir semua biker yang hadir dalam HBD 2014. Gerakan tarian dengan suara khas membuat suasana salah satu pantai yang belum banyak dikenal masyarakat itu menjadi riuh.

Setelah melakukannya berulang-ulang, aksi itu dinyatakan memenuhi syarat oleh perwakilan MURI. Penghargaan pun diberikan untuk PT Astra Honda Motor dan Astra Motor Denpasar yang berhasil mengumpulkan biker untuk menari kecak bersama-sama.

”Kelihatannya (menari kecak) gampang, tapi waktu menarikan gerakan dan suaranya ternyata sulit. Unik sih acara HBD tahun ini. Apalagi penyelenggaraannya di Bali, banyak objek wisata yang bisa kami hadiri nanti setelah selesai,” ujar Pandu, salah satu anggota klub Pasukan Blade Indonesia.

Semangat peduli terhadap kebudayaan juga tercermin dalam pemilihan acara hiburan. Para biker dihibur arak-arakan Gamelan Beleganjur yang merupakan alunan musik tradisional khas Bali yang ditabuh dalam tempo cepat untuk membangkitkan semangat. Selain itu, pertunjukkan Tari Pendet yang merupakan tarian selamat datang ala Bali menyambut hangat kehadiran para biker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.