Kompas.com - 29/11/2014, 12:30 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Karangasem, KompasOtomotif - Upaya PT Astra Honda Motor (AHM) menciptakan generasi muda unggul siap bersaing lewat Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) di berbagai SMK binaan dilakukan sistematis. Tak sekadar membimbing dan memberi bantuan untuk sekolah, namun juga "mengawal" para lulusan untuk meraih mimpinya.

Dalam peresmian laboratorium otomotif SMKN 1 Manggis, Karangasem, Bali, (28/11/2014), dijelaskan bahwa salah satu komitmen AHM adalah mengantarkan lulusan untuk menjadi wirausaha dengan membuka bengkel. "Kami juga harapkan mereka menjadi partner, karena AHM punya program Bengkel Mitra AHASS (BMA)," kata Handy Hariko, Senior Manager Technical Training Department AHM.

Sebagian besar lulusan KTSM SMK binaan Honda memang memilih untuk menjadi mekanik di jaringan bengkel Honda atau bekerja di pabrik AHM. Namun sekitar 20 persen lulusan berwirausaha membuka bengkel sendiri. AHM berkomitmen untuk menjadikan bengkel mereka sebagai mitra AHASS.

"Memang saat ini masih satu bengkel sebagai pilot project, karena kami susah mendapat datanya. Sejak tahun lalu kami minta data ke sekolah binaan, namun belum kami dapatkan. Begitu ada data, kami langsung pegang," urai Handy.

Kontribusi
Lebih lanjut, Handy menjelaskan bahwa sertifikat dari AHM bisa digunakan untuk berpromosi di awal. Kontribusi AHM akan memberikan buku-buku pedoman reparasi mekanik, peralatan, bimbingan manajemen dan alur report karena sudah diatur sebagai mitra.

Meski sudah mendapatkan bekal manajeman beriwausaha di kelas, AHM tetap akan membimbing para lulusan yang sudah membuka bengkel dengan memberikan pelatihan. "Memang mereka mencari modal dulu, tapi kami pelan-pelan akan membenahi, atau bisa juga nanti kami carikan sponsor," tukas Handy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.