Persiapkan Ini untuk Hadapi Musim Hujan

Kompas.com - 28/11/2014, 09:52 WIB
Kondisi jalanan Jakarta saat hujan KompasKondisi jalanan Jakarta saat hujan
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Musim hujan mulai melanda sebagian wilayah Indonesia, termasuk Jakarta dan sekitarnya. Situasi hujan harus dihadapi dengan cermat oleh setiap pengendara, termasuk juga pengendara mobil. Curah air dari langit memperbesar risiko terjadi kecelakaan, bila tidak diimbangi dengan kondisi mobil yang sehat dan aman.

Namun jangan khawatir terlebih dahulu. Bila diiringi dengan persiapan mantap dan jurus mengemudi tepat, berkendara saat hujan juga bisa tetap aman. Ada tips persiapan menghadapi musim hujan yang pernah dirilis Garda Oto Racing Team.

Shutterstock Ilustrasi
Pastikan kondisi wiper
Karet wiper bisa menjadi kaku dan bergelombang karena lama tak diganti atau terkena panas matahari. Kondisi tersebut menyebabkan sapuan di kaca menjadi tidak sempurna dan justru mengganggu pandangan. Segera ganti dengan karet baru sesuai spesifikasi mobil.

Isi penuh air pembasuh kaca
Sebelum berkendara, pastikan air pembasuh wiper dalam keadaan penuh. Campur dengan cairan khusus pembasuh kaca untuk membantu menghilangkan kotoran di kaca. Pastikan juga motor penggeraknya aktif dan bisa menyemprotkan air ke kaca.

Wajib perhatikan kondisi ban
Saat hujan, alur ban akan bekerja membuang air ke samping supaya tidak terjadi gejala mobil mengambang di atas air alias aquaplanning. Makanya, pastikan kembang ban masih baik, minimal memiliki ketebalan 50 perseb dari baru. Tekanan angin, jangan melebihi atau kurang standar yang dianjurkan bisa membuat daya cengkeram berkurang.

Periksa kebocoran
Khususnya pemilik mobil berusia di atas 10 tahun, sesekali cobalah cuci mobil Anda di mesin pencuci otomatis. Dengan begitu Anda bisa melihat apakah terjadi kebocoran di celah kaca maupun bodi mobil. Bila ya, segera perbaiki supaya Anda tak kebasahan saat hujan lebat.

Sistem pendingin
Pastikan sistem pendinginan (AC) bekerja normal. Sebab, sampai tidak berkerja akan mengganggu pandangan akibat kaca berembun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Periksa polis asuransi
Pastikan kendaraan Anda telah dilindungi oleh jaminan kerusakan (asuransi) akibat banjir. Karena, sebagian dari kita belum mengetahui apakah kendaraan telah dilindungi oleh perluasan jaminan banjir atau tidak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.