Ini ”Bekal” untuk Sepeda Motor Hadapi Musim Hujan

Kompas.com - 26/11/2014, 07:40 WIB
Banjir merendam Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Kamis (20/11/2014). Kompas.com/Robertus BelarminusBanjir merendam Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Kamis (20/11/2014).
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Musim hujan mulai tiba, ditandai dengan semakin tingginya curah hujan di beberapa daerah Indonesia. Untuk pengguna jalan, khususnya pesepeda motor, ada baiknya mempersiapkan diri. Terlebih setelah sekian lama berpanas-panas lalu kondisinya berbalik 180 derajat, membuat sepeda motor perlu mendapat perhatian ekstra.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati, terutama dengan kesiapan tunggangan menghadapi jalanan basah dan atau hujan badai, bahkan banjir. Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM) Sarwono Edhi memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan pesepeda motor agar siap menerjang hujan.

Berikut poin-poinnya:
1. Pastikan lampu-lampu berfungsi dengan baik atau dalam kondisi menyala. Lampu-lampu terdiri dari lampu utama (depan-belakang), lampu stop, dan lampu sein.

2. Pastikan tebal alur ban minimal 1 mm, dilihat pada tanda TWI atau Tread Wear Indikator. Pilihlah juga ban yang bisa untuk kondisi jalan basah.

3 Pastikan kondisi busi dan cop (tutup busi) dalam kondisi baik. Jika kondisinya tidak baik, busi akan rawan mati saat menerjang genangan air.

4. Bersihkan dan lumasi rantai roda (untuk pengguna sepeda motor tipe cub/ bebek dan sport).

5. Pastikan selang pernafasan karburator (tipe sepeda motor karburator) tidak tersumbat dan aman pada saat menerjang genangan air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

6 Pastikan kondisi rem depan dan belakang berfungsi dengan baik. Jika kanvas aus, segera ganti, karena akan mempengaruhi performa rem saat dibutuhkan.

7. Usahakan saringan udara tidak kemasukan air pada saat menerjang genangan.

8. Pastikan cara kerja gas (termasuk handel dan kabelnya) baik. Hindari saat terkena air hujan, kabel dan handel terasa seret

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.