Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penjegal Nisan Juke dan Honda HR-V dari Mazda

Kompas.com - 24/11/2014, 17:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Los Angeles, KompasOtomotif – Setelah banyak beredar dengan gambar rekayasa digital di berbagai media otomotif dunia, Mazda resmi merilis CX-3, crossover dan SUV yang akan membidik segmen kompak. Model ini melantai di LA Auto Show 21-30 November 2014. Di kelasnya, CX-3 akan menantang para rival seperti Nissan Juke, Honda HR-V, sampai Ford Ecosport.

Seperti model-model Mazda lainnya, CX-3 mengadopsi bahasa desain Kodo. Sekilas tampangnya mirip All-New Mazda2 dari depan dan belakang, karena memang mobil ini dibangun menggunakan platform yang sama dengan Mazda2 dengan jarak sumbu roda 2.570mm.

Carscoops Tampang belakang Mazda CX-3.

Jika dibandingkan dengan Mazda2 terbaru, secara dimensi panjangnya lebih panjang 215mm (4.275 mm) dan lebih tinggi 55 mm (1.550mm). Sedangkan lebarnya sama persis.

Tak cuma dari luar, di dalam, Mazda juga membagi desain. Interior sama persis, mulai dari dashboard, desain peranti hiburan, sampai panel instrumen dan lingkar kemudi.

Mazda menawarkan CX-3 dalam dua versi penggerak, roda depan dan all-wheel drive. Mesin sama dengan Mazda2, pakai tipe Skyactiv 2.0 empat silinder. Belum ada detail yang dirilis, namun kemungkinan besar transmisinya menggunakan tipe Skyactiv 6-percepatan.

Carscoops Interior berbagi desain dengan All-New Mazda2.

Khusus untuk konsumen Eropa, akan ditawarkan dalam tiga pilihan mesin, 2.0 Skyactiv bensin dengan dua output tenaga yang berbeda, serta mesin diesel 1.5 Skyactiv-D. Semua dipasangkan dengan transmisi manual atau otomatik.

Menandai peluncuran secara global akan dilakukan di Jepang dan Eropa pada musim semi 2015 (rentang Maret-Mei). Sementara di Amerika Serikat akan meluncur resmi musim panas 2015 (rentang Juni-Agustus).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com